Tujuh Kesan Unik dari India

(Business Lounge Journal – Culture)

Manusia memang sudah didisain menjadi mahluk sosial. Dalam proses Sosialnya, manusia menjalin persahabatan dengan individu disekitarnya seperti dengan teman sekolah, kolega kantor atau sahabat dimasa kecil.

Namun apa jadinya kalau persahabatan terjalin dengan individu dari bangsa lain? Pasti banyak kesan manis, lucu bahkan berbagai keseruan terjadi.

Salah satu tetangga dekat kita adalah bangsa India, bangsa besar dengan seribu satu daya tariknya yang tidak pernah redup. Taruhlah tarian india yang spektakuler, diiringi alat musik sitar dan gendangnya yang fantastik, salam “namaste” yang kian marak setelah masa pandemi, logatnya yang kental, kepalanya yang bergoyang,- goyang.. wah masih banyak lagi yang menarik dari bangsa besar ini.

Berikut adalah pengalaman manis, indah dan berkesan dari persahabatan dengan orang India.

1. Jago Teknologi Informasi
Kalau kamu punya teman orang India, sudah bukan rahasia umum kalau mereka sangat ahli dalam bidang teknologi informasi.

Tidak heran, budaya India saat ini, sangat menghargai dan mendorong rakyatnya untuk menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

Orang India sendiri terkenal dengan keuletan, disiplin dan keteguhan hati mereka dalam bekerja keras terutama dalam menekuni pelajaran yang sangat sulit Mereka tidak takut menghadapi Matematika dan Sains. Pikiran kristis akan bermain, selalu ada aksi dari reaksi.

Kini, banyak CEO perusahaan Multinasional di bidang teknologi informasi berasal dari India.

2. Jago bahasa Inggeris
Pemerintahan Inggeris pernah menguasai India selama 200 tahun.

Salah satu keuntungan bersahabat dengan orang India adalah mereka dapat berbahasa Inggeris dengan baik, meskipun awalnya agak sulit menangkap bahasa inggeris yang bercampur dialek kental India. Namun lama kelamaan, kita akan semakin terbiasa dan semakin akrab.

Kemampuan berbahasa asing ini membuat mereka sanggup melahap berbagai literatur Ilmu pengetahuan
Yang ditulis dari negara maju.

Orang India belajar bahasa Inggeris secara alami, diajari orang tua mereka di rumah dan berlanjut dengan lingkungan sosialnya.

Yang saya lihat dari sahabat saya, Ia suka sekali membaca buku buku teknologi, biografi, bisnis dan bahkan budaya dalam bahasa Inggeris, Hindi dan Urdu. Kebiasaannya ini menularkan keinginan untuk lebih lagi membaca buku dalam bahasa asing.

3. Goyangan Kepala
Yang sangat saya sukai dan terkesan sangat unik dari seorang sahabat India adalah mereka punya bahasa tubuh yang sangat khas, menggoyangkan kepala ke kiri dan kanan . Goyangan Kepala ini berarti gerakan refleks untuk menyapa hangat seseorang, memahami informasi dan dapat berarti juga menyatakan ya atau tidak.

Budaya ini memang tidak ada di Indonesia, hanya orang India yang punya. Tapi saya paling suka gasture ini dari seorang India, karena terkesan ramah, bersahabat dan jenaka.

4. Senang cerita Budaya
Budaya India banyak mempengaruhi budaya Indonesia di masa lalu. Yang meliputi Arsitektur, seni rupa dan ukir, seni pertunjukan, dan lain lain. Beberapa kata serapan Indonesia berasal dari bahasa India, seperti Duniya, Cuti, Roti, Jaya, Raja, Madu dan lain sebagainya.

Teman India kita akan senang dan bersemangat kalau kita juga punya pengetahuan literatur India yang bisa dibagikan bahkan didiskusikan. Mata mereka akan berbinar-binar dan tidak henti-hentinya membicarakan kebudayaan India yang mempengaruhi kebudayaan Indonesia. Ini bisa jadi moment paling seru, menyentuh dan hangat karena kita sebenarnya adalah saudara dekat di Asia.

5. Vegetarian

Mie bakso sapi, nasi padang rendang, nasi campur krendang, abon sapi, itu semua adalah andalan makanan enak orang Indonesia. Tapi jangan pernah sekali-kali mengajak orang India menyantap menu itu, pasti mata mereka akan melotot tajam-tajam, karena mereka banyak yang menganut vegetarian dan tidak boleh makan daging sapi. Sebaiknya ganti saja dengan mie bakso ikan, nasi padang gulai ayam, abon ikan, semur ayam. Pasti mereka akan sangat senang dan merasa puas. Apalagi makanan berkuah seperti kari ayam yang pedas. bisa jadi itu kuliner favoritnya.

Saat ini, banyak orang menjalani gaya hidup sehat vegetarian mengikuti orang India.

6. Pemikiran orang India banyak dipengaruhi oleh Gandhi.

Bangsa India memiliki figur seorang bapak yang selalu mengajarkan perlawanan tanpa kekerasan. Mereka menjuluki Gandhi dengan Julukan Bapu (Bapak Bangsa) yang selalu memberikan kesan damai bagi semua perjuangan.

Dapat dibayangkan, kondisi alam yang sangat ekstrim (negara dengan enam musim), berbagai konflik sosial yang kerap terjadi, semua dapat diselesaikan dengan kepala dingin melalui pemikiran Bapak Negara Mahatma Gandhi yang mengajarkan kedamaian bagi warganya.

7. Family Man

Orang India bisa dikatakan sangat dekat dan cinta keluarganya. Ketika mereka menikah, mereka dapat tinggal dengan keluarga utamanya dalam satu rumah. Jadi, orang tua tetap dapat tinggal bersama dengan anaknya yang sudah menikah, beserta kakek-nenek, bibi-paman, ini disebut keluarga gabungan. Semua keputusan diambil berdasarkan nilai kekeluargaan untuk kebersamaan. Jadi orang India termasuk jarang yang bercerai.

Menarik, bukan?

Pengalaman budaya dari hasil persahabatan ini sudah pasti akan memperkaya dan memperkuat nilai nilai kehidupan untuk menjadi pribadi yang kuat, disiplin, tahan uji, berbudaya dan cinta damai.

Namaste..