(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)
Kita sudah membahas sebagian langkah-langkah dalam mengelola usaha kecil. (Baca: Langkah-langkah Sukses Mengelola Usaha Kecil). Pelanggan tetap menjadi yang utama, diikuti oleh bagaimana brand image dibangun. Kemudian selanjutnya peranan media sosial sangatlah dibutuhkan. Tidak kalah pentingnya bagaimana biaya dapat di-manage dengan baik dengan memangkas biaya yang tidak perlu.
Lalu dalam hal apa lagi Anda perlu memberikan perhatian khusus?
Bentuk organisasi, teknologi, Sumber Daya Manusia (SDM), hingga management keuangan sangat perlu mendapatkan pemantauan khusus.
Sertakan Teknologi yang Tepat
Salah satu yang harus diperhitungkan pada masa sekarang ini adalah bagaimana teknologi akan dapat membantu bisnis Anda menjadi semakin efektif. Teknologi yang tepat sudah tentu akan berdampak pada mempersingkat proses, mengurangi jumlah SDM, dan memotong pengeluaran.
Dalam merampingkan management bisnis Anda, maka teknologi akan menjadi jawaban yang tepat.
Memang pada awalnya, Anda perlu mengalokasikan sejumlah biaya untuk mempersiapkan teknologi yang dibutuhkan. Namun hal ini dapat diperhitungkan sebagai bagian dari investasi.
Manfaat berinvestasi dalam teknologi sudah tentu akan menghemat waktu dan uang. Juga ketika Anda masih mengelola bisnis kecil Anda, maka alat teknologi akan sangat penting untuk manajemen bisnis kecil yang sukses. Semakin Anda dapat merampingkan operasi bisnis Anda, semakin mudah untuk fokus pada tugas-tugas yang dapat mendorong pertumbuhan.
Misalnya saja teknologi yang terkait dengan Customer Relationship Management (CRM). Ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi tentang pelanggan, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi peluang penjualan atau menyempurnakan upaya pemasaran Anda.
Contoh lainnya adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat menyederhanakan file management dan financial management untuk bisnis Anda.
Sebagai salah satu langkah yang dapat Anda lakukan yaitu alih-alih menggunakan mesin kasir tradisional, maka pertimbangkanlah untuk mengganti teknologi ‘kuno’ ini dengan sistem perangkat lunak penjualan yang canggih. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan berpotensi meningkatkan penjualan.
Atau berbagai software yang dapat mempercepat proses checkout para pelanggan Anda.
Sekali lagi, untuk pemilik ritel, maka menggunakan perangkat lunak terkait point of sale merupakan suatu keharusan untuk merampingkan operasional toko Anda. Ada beberapa fitur umum yang sangat dibutuhkan oleh para pemilik usaha kecil ritel agar bisnis dapat menjadi lebih efektif:
– Data Penjualan
– Inventory Management
– Customer Relationship and Experience
– Employee Management
– Loyalty Programs
– Gift Cards
– Reporting
– Cloud-based Software
– eCommerce Compatible
Sumber Daya Manusia yang Terampil
Ya, faktor SDM memang dapat dikatakan di atas segalanya. Ini menjadi sumber daya yang paling penting untuk keberhasilan manajemen bisnis kecil Anda. Memiliki karyawan yang tepat dapat membuat perbedaan dalam kesuksesan Anda.
Karena itu penting untuk tidak hanya sekedar mempekerjakan para karyawan, tetapi latihlah mereka untuk menjadi SDM yang terampil.
Orang yang kasar atau kurang terlatih sudah tentu dapat menjadi sumber “perginya” para pelanggan. Dampaknya, bisnis Anda pun akan memiliki reputasi yang rendah. Di sisi lain, seorang karyawan yang memperlakukan pelanggan dengan baik dan selalu berupaya lebih baik untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan, sudah tentu akan membuat pelanggan datang kembali.
Karena itu, merekrut karyawan yang tepat dimulai dengan menetapkan harapan yang jelas untuk peran dari karyawan yang Anda rekrut. Setelah Anda tahu apa yang Anda cari, Anda dapat membuat dan mempromosikan lowongan pekerjaan untuk menarik bakat yang sesuai dengan daftar cita-cita Anda. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu tahu cara mempertahankan karyawan yang berharga dengan menawarkan beberapa benefit, seperti jam kerja yang fleksibel, happy hours, dan berbagai aktivitas yang membantu mereka membangun tim.
Untuk menarik para talent untuk mau bergabung dengan perusahaan Anda, maka pertimbangkanlah beberapa tips berikut ini:
– Tawarkan gaji yang kompetitif sesuai dengan wilayah dan industri Anda
– Tawarkan cuti berbayar
– Tawarkan bantuan biaya pendidikan
Sedangkan untuk mempublikasikannya, Anda dapat menggunakan platform lowongan kerja yang sesuai dengan industri yang Anda jalani. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menarik perhatian para pencari kerja. Bahkan meminta para karyawan Anda untuk ikut serta menyebarkan lowongan yang ada pada media sosial mereka.
Berikan Pelatihan
Melatih karyawan Anda adalah bagian penting dari kesuksesan perusahaan Anda. Meskipun Anda mungkin mempekerjakan orang-orang yang paling pintar di dunia, namun perlu beberapa waktu bagi mereka untuk memahami seluk beluk bisnis Anda serta semua proses yang ada termasuk visi jangka panjang yang Anda miliki. Itulah sebabnya sangat penting bagi bisnis kecil untuk melatih karyawannya dengan baik.
Buatlah rencana pelatihan yang akan membuat karyawan Anda merasa lebih kompeten dan diberdayakan dalam pekerjaan mereka. Tidak ada gunanya mempekerjakan karyawan dan membiarkan mereka resign begitu saja setelah beberapa saat. Pastikan Anda dapat mempertahankannya dengan meningkatkan benefit yang Anda tawarkan dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda juga dapat membuat rencana pengembangan karier bagi setiap karyawan.
Pantau Keuangan Anda
Saat Anda baru saja memulai bisnis Anda, maka untuk mengetahui berapa uang masuk dan berapa uang keluar secara detil sangatlah mudah. Namun bagaimana ketika bisnis Anda mulai bertambah besar? Maka sering kali mereka yang bekerja pada bagian accounting mulai merasa ‘sakit kepala’. Oleh karena dibutuhkan sebuah ketelitian untuk mengamati semua transaksi yang ada. Belum lagi bila itu berkaitan dengan pajak.
Jika Anda memiliki dana yang cukup, maka lakukanlah investasi pada perangkat lunak akuntansi yang mudah digunakan yang membantu Anda melacak keuangan serta menghemat uang Anda. Juga Anda akan sangat terbantu jika dapat menyimpan tanda terima dalam perangkat lunak akuntansi untuk melacak pengeluaran bisnis kecil Anda.
Selain itu, pikirkanlah juga bagaimana Anda dapat meningkatkan arus kas Anda. Misalnya, jika Anda memiliki pelanggan yang sering terlambat membayar, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengenakan denda keterlambatan pembayaran untuk mendorong mereka membayar tepat waktu. Anda juga dapat memperluas jangkauan metode pembayaran yang Anda terima untuk memudahkan pelanggan membayar tanpa menunggu uang datang.
Jadi bagaimana Anda berhasil mengelola bisnis kecil Anda?
Langkah pertama untuk berhasil mengelola bisnis kecil adalah dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai inti dari semua yang Anda lakukan. Pekerjakan dan latihlah karyawan Anda sesuai harapan Anda, dan yang terpenting pikirkan cara untuk mempertahankan mereka.
Jika Anda memiliki toko offline, itu baik. Tapi pada masa sekarang ini, itu tidak cukup. Mulailah mengembangkan bisnis Anda secara online untuk memenuhi tuntutan dan keinginan konsumen Anda. Strategi manajemen usaha kecil yang baik juga dengan mengurangi biaya operasional yang tidak perlu.
Terakhir, sederhanakanlah pengelolaan bisnis Anda dengan teknologi terkini. Sistem point of sale, sistem akuntansi, dan CRM adalah semua perangkat lunak yang dapat menghemat waktu Anda dan melacak bisnis Anda.