Definisi Kewirausahaan: Apa Artinya Menjadi Pengusaha (Bagian 2)

Definisi Kewirausahaan: Apa Artinya Menjadi Pengusaha (Bagian 2)

(Business Lounge Journal-Entrepreneurship)

Jika Anda sedang mempertimbangkan apakah akan menjadi seorang wirausahawan, pertama-tama kenali motivasi mana di atas yang berfungsi sebagai kekuatan penuntun Anda. Kemudian, pertimbangkan apakah Anda memiliki karakter dan atribut khusus yang memungkinkan Anda berkembang sebagai wirausahawan.

Untuk membantu Anda menentukan apakah Anda memiliki apa yang diperlukan, inilah yang dikatakan 25 pendiri perusahaan dan pemimpin bisnis tentang apa yang menurut mereka membuat wirausahawan yang benar-benar sukses:

“Kewirausahaan adalah inti dari mimpi Amerika. Ini tentang membuka jalan baru, tentang percaya pada diri sendiri, misi Anda, dan menginspirasi orang lain untuk bergabung dengan Anda dalam perjalanan. Yang membedakan [pengusaha] adalah kemauan, keberanian, dan terkadang kecerobohan untuk benar-benar melakukannya.” – Derek Hutson, mitra pengelola di Morgan Creek Strategies

“Kewirausahaan adalah pencarian solusi, fokus tunggal tanpa henti untuk memecahkan masalah atau melakukan sesuatu yang sangat berbeda dari cara yang dilakukan saat ini. [Ini] bertujuan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik daripada yang pernah dilakukan sebelumnya dan terus mengejar peningkatan.” – Blake Hutchison, CEO Flippa

“Kewirausahaan adalah … rasa lapar yang terus-menerus untuk membuat segalanya lebih baik dan gagasan bahwa Anda tidak pernah puas dengan keadaannya.” – Debbie Roxarzade, pendiri dan CEO Rachel’s Kitchen

“Pada intinya, [kewirausahaan] adalah pola pikir – cara berpikir dan bertindak. Ini tentang membayangkan cara baru untuk memecahkan masalah dan menciptakan nilai. Pada dasarnya, kewirausahaan adalah tentang … kemampuan untuk mengenali [dan] secara metodis menganalisis peluang dan, pada akhirnya, untuk menangkap nilainya.” – Bruce Bachenheimer, profesor klinis manajemen dan direktur eksekutif Lab Kewirausahaan di Universitas Pace

“Pengusaha yang paling sukses adalah mereka yang memiliki grit. Grit terdiri dari ketekunan, gairah dan ketahanan. Ini adalah semangat untuk mencapai tujuan jangka panjang, keberanian untuk mencoba lagi dalam menghadapi penolakan, dan keinginan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Wirausahawan yang paling sukses cenderung menjadi orang-orang yang gigih… Mereka tidak menyerah sampai mereka melampaui tujuan mereka. Ketika keadaan menjadi sulit dan mereka terjatuh, wirausahawan yang tangguh bangkit kembali dan mencoba lagi.” – Deborah Sweeney, wakil presiden dan manajer umum Deluxe Corp.

“Kemampuan untuk mendengarkan, apakah itu pendapat pelanggan atau karyawan, juga merupakan bagian integral dari kesuksesan. Sementara … Anda harus memiliki kepercayaan diri untuk membuat pilihan Anda sendiri, tetap sangat penting untuk tidak terlepas dari orang-orang yang kebutuhannya ingin Anda penuhi.” – Tirath Kamdar, manajer umum kemewahan di eBay

“Menjadi pengusaha seperti menuju ke wilayah yang belum dipetakan. Jarang jelas apa yang harus dilakukan selanjutnya, dan Anda harus banyak mengandalkan diri sendiri ketika mengalami masalah. Ada banyak hari ketika Anda merasa hal-hal tidak akan pernah berhasil dan Anda mengalami kerugian selama berbulan-bulan tanpa akhir. Anda harus bisa menahan emosi yang naik turun dengan menyerang Anda sendiri.” – Amanda Austin, pendiri dan presiden Little Shop of Miniatures

“Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus memiliki semangat untuk belajar – dari pelanggan, karyawan, dan bahkan pesaing.” – James Bedal, presiden dan CEO Bare Metal Standard

“Kewirausahaan pada dasarnya adalah seni dan ilmu membangun sistem yang menguntungkan untuk membantu orang dengan cara yang tidak dilakukan sistem lain. Kompetensi inti wirausahawan bukanlah ketajaman bisnis atau kemampuan pemasaran, melainkan empati – kemampuan untuk memahami perasaan dan kebutuhan orang lain.” – Logan Allec, CPA dan pemilik Money Done Right

“Menjadi pengusaha sukses juga berarti menjadi pemimpin yang baik. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk membawa orang ke tempat di mana mereka ingin mengikuti Anda, bukan merasa dipaksa untuk mengikuti Anda. Ini membutuhkan investasi dalam tim Anda secara pribadi. Mereka harus tahu bahwa Anda tidak hanya akan meminta pertanggungjawaban mereka dan mendorong mereka untuk menjadi lebih baik, tetapi [Anda akan] juga memperhatikan mereka ketika mereka sedang berjuang. Ini bukan transaksional; itu sebuah hubungan.” – Steve Schwab, pendiri dan CEO Casago

“Kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengenali gambaran yang lebih besar, menemukan di mana ada peluang untuk membuat hidup seseorang lebih baik, merancang hipotesis seputar peluang ini dan terus menguji asumsi Anda. Ini eksperimen: Beberapa eksperimen akan berhasil; banyak yang lain akan gagal. Ini bukan jalan keluar yang besar, kekayaan bersih yang besar atau menjalani kehidupan yang glamor. Ini adalah kerja keras dan ketekunan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik setelah waktu Anda di sini selesai.” – Konrad Billetz, mitra pendiri di Outliant

“Keterampilan utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah kesadaran diri. Seorang wirausahawan harus tahu siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan. Kesadaran diri adalah langkah pertama bagi seorang wirausahawan untuk membangun tim mereka.” – Krystal Nelson, pendiri I-Impakt Consulting

“[Pengusaha] harus berorientasi pada orang. Bisnis Anda akan mati tanpa tim yang baik untuk mendukung Anda. Pelajari teknik manajemen, belajar dari para pemimpin hebat, [dan] tinjau di mana Anda berhasil dan gagal sehingga Anda dapat membantu orang lain berkembang. Seorang wirausahawan harus mampu membangun tim yang peduli dengan pekerjaannya, dan untuk itu, Anda harus peduli dengan cara Anda membuat tim.” – Jonathan Barnett, presiden dan CEO Oxi Fresh Carpet Cleaning

“Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda membutuhkan ketekunan. Kebanyakan pebisnis atau pengusaha sukses tidak pernah menyerah pada ide mereka. Ketika tantangan muncul, mereka telah menemukan cara inovatif untuk mengatasinya. Anda harus mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi ekonomi, dan berinovasi serta merangkul kemajuan teknologi untuk membuat pelanggan Anda tetap terlibat. Hal-hal ini membutuhkan tekad dan fokus yang kuat pada tujuan akhir.” – Stacey Kehoe, pendiri dan direktur komunikasi di Brandlective Communications

“Kewirausahaan adalah pola pikir yang memungkinkan Anda melihat peluang di mana-mana. Itu bisa berupa ide bisnis, tetapi bisa juga melihat kemungkinan pada orang-orang yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis itu. Kemampuan untuk melihat banyak pilihan dalam setiap situasi ini sangat penting; akan ada tantangan tanpa akhir yang akan menguji usaha Anda.” – Preeti Sriratana, salah satu pendiri Sweeten

“Pengusaha dan pemilik bisnis pasti perlu membiasakan diri mengambil risiko. … Anda harus merasa nyaman menjadi tidak nyaman. Mencoba mengembangkan perusahaan atau menjalankan ide itu sulit. Itu tidak selalu akan menjadi yang terbaik. Pada titik tertentu, Anda akan mengalami masalah, kehilangan pelanggan, dan memiliki kendala keuangan. Pada titik inilah Anda perlu kembali ke awal dan mengambil risiko lain, apakah itu dalam bentuk produk baru, kampanye pemasaran baru, atau strategi rekrutmen pelanggan baru.” – Matthew Ross, salah satu pendiri dan chief operating officer Slumber Yard

“Menjadi pengusaha sudah mendarah daging dalam identitas seseorang. [Itu] adalah puncak dari serangkaian karakteristik tertentu: tekad, kreativitas, kapasitas untuk mengambil risiko, kepemimpinan, dan antusiasme.” – Eric Lupton, presiden Sistem Pagar Kolam Renang Life Saver

Bersambung ke artikel Bagian 3