(Business Lounge – Global News) Coca-Cola Co sedang dalam pembicaraan untuk sebuah kesepakatan untuk membeli saham minoritas sebuah perusahaan jus organik Amerika, Suja Life, demikian seperti berita yang dilansir oleh Reuters pada pekan lalu. Hal ini memang ditargetkan produsen minuman ringan raksasa ini untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan besar berikutnya oleh konsumen .
Minuman berkarbonasi memang sedang mengalami pukulan keras oleh karena pertumbuhan yang lambat dalam beberapa tahun terakhir terkait pola hidup sehat yang saat ini telah mendorong para konsumen untuk beralih mengkonsumsi minuman sehat. Investasi Coca-Cola yang dianggarkan untuk membeli Suja adalah sekitar USD 300 juta atau sekitar IDR 3,9 triliun seperti dilansir oleh Reuters. Perusahaan start up ini telah diinvestasikan oleh beberapa selebriti Hollywood,
Kesepakatan, yang memberikan opsi untuk Coca-Cola dapat membeli Suja dalam tiga tahun, akan memperkuat terus perusahaan yang berbasis di Atlanta itu pada sektor jus dingin untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam bersaing dengan PepsiCo Inc yang mengeluarkan jus dengan merek Naked. Jika hal ini terjadi, maka ini merupakan kali kedua Coca-Cola berinvestasi di sektor ini, menyusul pembelian Odwalla pada tahun 2001.
Suja yang berbasis di San Diego, membuat jus dan smoothie dengan tekanan suhu dingin untuk membunuh bakteri berbahaya dan menjaga nutrisi dan rasa. Perusahaan ini pun menjual minuman melalui SujaJuice.com, Amazon.com Inc, dan di toko-toko makanan kesehatan dan rantai kelontong nasional.
Suja didirikan pada 2012 oleh pengusaha Annie Lawless, Eric Ethans, Jeff Chruch, dan James Brennan. Investor lainnya meliputi Alliance Consumer Growth Partners dan Evolution Media Partners, serta aktor Leonardo DiCaprio, Jared Leto, dan Sofia Vergara.
Coca-Cola menciptakan sebuah divisi usaha dan merek yang muncul pada tahun 2007 untuk menemukan dan berinvestasi dalam peluang pertumbuhan. Perusahaan ini telah berinvestasi di perusahaan-perusahaan seperti Honest Tea dan Zico Coconut Water.
Penawaran jenis modal usaha serupa termasuk Starbucks Corp yang membeli perusahaan jus Evolution Fresh tahun 2011 senilai USD 30 juta dan White Wave Food Co yang berinvestasi dalam merek jus Daily Greens pada awal tahun ini.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana