Memilih Media Promosi Yang Tepat

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini, maka kita dapat melihat media promosi yang canggih dan menarik. Sebuah mall yang terkenal di Jakarta Barat dengan layar nya yang luar biasa lebar menampilkan warna-warna yang cerah, menggugah siapapun yang melewati daerah tersebut untuk takjub. Apalagi kalau memandangnya dari atas jalan tol yang melintasi area tersebut. Banyak cara untuk berpromosi dan salah satunya dengan iklan.

Iklan menjadi salah satu sarana promosi yang dapat meningkatkan penjualan suatu produk. Para pemilik produk berlomba-lomba memasarkan produknya dengan berbagai macam janji-janji dari keunggulan produk yang mereka miliki. Berbagai macam promosi melalui iklan dari berbagai macam produk dapat kita temui dimana saja. Media elektronik seperti televisi dan radio, media cetak dan media online, billboard, brosur. Ataupun pameran, roadshow dan lain sebagainya. Dua istilah yang populer di dunia periklanan, above the line dan bellow the line.

 

Melalui iklan maka penjualan dapat ditingkatkan. Iklan merupakan sarana promosi yang efektif untuk menjangkau banyak audiens. Tidak sedikit juga biaya yang dikeluarkan, seperti iklan yang ditayangkan di televisi. Berapa cost yang harus dikeluarkan hanya untuk beberapa detik penayangan. Tetapi saat ini dapat juga beriklan dengan gratis. Pada zaman sekarang media online seperti internet pun tidak mau kalah, dapat dipakai sebagai sarana untuk mengiklankan berbagai macam produk. Selain jangkauan yang luas yang dapat dicapai, juga ongkos promosi yang lebih murah, bahkan bisa jadi gratis.

Berbagai macam sarana dapat dipakai, dengan memuat informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang sedang dipromosikan.  Pesan-pesan yang menjanjikan 1001 janji menarik jika memakai produk yang ditawarkan. Perlu untuk mengetahui sarana apa yang kita pakai untuk beriklan. Jangan sampai membuang uang dengan percuma tanpa hasil yang maksimal karena kurang tepat memilih media atau sarana yang dipakai untuk beriklan. Kita juga harus melihat siapakah yang menjadi target audiens dari produk yang dipasarkan.  Apapun  media iklan yang dipakai dalam memasarkan atau memperkenalkan suatu produk, pasti diharapan dapat meningkatkan penjualan. Dengan promosi iklan yang efektif maka tidak mustahil akan menarik lebih banyak pembeli dan akan meningkatkan penjualan.

 

 

(Mevy Sinambela/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x