#HAHASERIES: Naufal Abhsar for Business Lounge Journal

(Business Lounge Journal – Art)

Menikmati dan mengagumi salah satu karya anak bangsa merupakan kebanggaan saya. Karya-karya benar ‘nan kreatif dan sangat fresh dari mereka yang berjiwa muda seolah tak ada habisnya untuk mengeksplor segala bakat. Ini cerita perjumpaan saya dengan sang seniman pada sebuah pagelaran seni kontemporer bergengsi, Art Jakarta. Dari sekian banyak exhibit yang saya datangi, ada satu yang memancing tawa saya … ya tertawa. Memang iya! Soalnya yang ciri khas dari si seniman adalah bagaimana hampir di semua lukisan karyanya menunjukan orang tertawa yang beraneka ragam. Secara spontan saya sendiri mau tertawa juga melihat lukisan tersebut dan saya pun tak kuasa menahan diri untuk tidak berbincang dengan sang seniman.

Naufal abshar namanya yang mencoba mengemukakan apa yang menjadi alasan baginya untuk membuat karya yang penuh tawa. Tidak lain, oleh karena ia ingin membawa konsep “laughter”.  Baginya tertawa memiliki banyak fungsi, makanya tak heran di setiap lukisannya, ia selalu menyisipkan kata “HAHA” yang dikombinasikan dengan warna–warna yang cerah dan tajam. Baginya, tertawa pada dasarnya adalah suatu ekspresi lucu ataupun bahagia, tetapi sebuah “HAHA” memiliki konsep yang luas mulai dari menertawakan diri sendiri, sebuah ejekan, ataupun sindiran secara halus terhadap sesuatu yang ada di lingkungan.

Bagi Naufal, hasil karya yang paling berkesan baginya adalah saat dia menciptakan hasil karyanya sendiri berdasarkan apa yang dia alami secara personal yang kemudian ia  tuangkan pada kanvas.

Ezra Judah/VMN/BLJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.