(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Saat ini banyak start up baru yang bermunculan dalam dunia bisnis, terutama para milenial. Bukan hanya di luar negeri tetapi justru di negeri kita sendiri. Jangan kaget mendengar usia mereka yang masih sangat muda saat menuai sukses. Sebagai orang Indonesia, kita seharusnya berbangga hati melihat generasi muda yang berpikir maju dan sangat inspiratif bagi banyak orang.

Bisnis baru, merupakan suatu tantangan yang sangat menarik dan membuatnya bertahan dalam lima tahun pertama adalah sebuah perjuangan. Bisnis start up yang mampu melewati lima tahun biasanya akan lebih stabil melewati tahun-tahun berikutnya. Banyak start up yang mengalami kegagalan di tahun kedua atau ketiga dan keempat.  Ada juga yang beberapa kali jatuh bangun dan akhirnya sukses. Namun perjuangan saja apakah cukup? Tentu tidak!

Berbisnis adalah sesuatu yang memiliki risiko dan risiko itu selalu mampu menimbulkan stress tersendiri, bagi semua orang. Usia muda tidak jadi masalah asalkan memiliki mental yang kuat, golden mentality, untuk dapat menjadi pemenang! Berikut ini adalah sikap mental utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur.

1. Honest

Kejujuran merupakan syarat utama dalam berusaha. Tanpa kejujuran, tidak mungkin membangun kepercayaan baik itu dari partner bisnis, supplier bahkan customer.  Seorang wanita milenial yang baru saja kami interview, pemilik bisnis kosmetik yang menggunakan jasa para influencer mengatakan bahwa review yang jujur atas kosmetiknya dari para influencer, justru membangun kepercayaan pelanggan. Para pelanggan senang karena produk itu dikupas apa adanya dan pemilik bisnis dengan legowo juga menerima kritik dan masukan atas produknya. Semua pihak diuntungkan dan memasuki tahun keempat, bisnis kosmetik miliknya dapat bertahan.

Hal ini menjadi dasar dari suatu kehidupan kepemimpinan yang berintegritas dan sangat dipengaruhi oleh keyakinan hidup dalam beragama.

2. Respect Others

Sikap yang tahu menghargai orang lain dan menghargai segala sesuatu ini sangat penting dan merupakan dasar dari kesuksesan. Walau bisa mengerjakan segala sesuatu sendiri tapi sukses bersama tim tentu lebih manis. Sikap menghargai orang lain bukan hanya kepada para investor, rekan bisnis tapi juga terhadap karyawan, pelanggan, dan itu akan tercermin dalam kehidupan keseharian Anda, dalam ucapan dan cara hidup.

Bahkan tahukah Anda? Suatu kegagalan baik itu kegagalan diri sendiri maupun orang lain pun perlu dihargai dan tidak dipandang sebelah mata sehingga kita bisa belajar dari kegagalan. Namun sikap yang mengentengkan kegagalan cenderung membuat kegagalan itu berlalu begitu saja dan berujung pada kegagalan yang berulang.

3. Tough

Masalah selalu ada, kita tidak bisa menghindar dari masalah. Namun kemampuan dalam menghadapi kondisi yang sulit yang menimbulkan stress ini sangat penting. Menjadi seorang yang kuat, tidak cengeng, tidak mudah menjadi patah semangat dan tidak mundur apapun yang dihadapi. Percayalah bahwa sesulit apapun kondisi yang dihadapi, di depan kita selalu ada harapan, selalu ada jalan. Be Tough!

Rata-rata start up yang berhasil yang pernah kami interview memiliki tiga hal ini. Luar biasa melihat para milenial di usia yang masih muda memiliki golden mentality ini. Salut!

dr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Leave a Reply

Your email address will not be published.