(Business Lounge Journal – Medicine)

Sebentar lagi lebaran tiba, sudah siap-siap mudik? Mudik ke kampung halaman sangat menyenangkan. Perjalanan yang panjang bisa tidak terasa bila pulang bersama keluarga atau teman dan dipenuhi dengan rasa kangen pulang kampung. Walau mudik namun kesehatan harus kita jaga, supaya keluarga yang sudah menanti di kampung bisa kita sambut dengan gembira.

Berikut ini adalah kondisi-kondisi yang sebaiknya kita kenali dan kita waspadai.

Duduk Lama
Duduk lama dapat mengakibatkan gangguan pada kaki. Diantaranya adalah Deep Vein Thrombosis (DVT). Trombosis vena dalam adalah gumpalan darah yang terbentuk di vena pembuluh darah kaki Anda. DVT adalah masalah serius, karena jika bagian dari gumpalan darah di vena tungkai putus dan bergerak, itu dapat memotong aliran darah ke bagian lain dari tubuh, termasuk paru-paru Anda, yang dapat menyebabkan emboli paru. Ini adalah keadaan darurat medis yang dapat menyebabkan komplikasi besar atau bahkan kematian. Pencegahannya:
-Usahakanlah saat bus atau mobil berhenti sebaiknya turun dari kendaraan dan menggerakkan kaki
-Saat duduk putar-putar pergelangan kaki Anda setiap 30 menit.
-Usahakan minimal dua jam sekali mobil berhenti di rest area untuk mengistirahatkan kaki.

Selain kaki, waspadai juga punggung dan leher. Lakukan stretching saat Anda merasa lelah dan kaku pada punggung serta leher Anda. Stretching punggung dapat Anda lakukan di tempat duduk dengan melengkungkan tulang belakang Anda ke depan dan menggerak-gerakkan leher ke kanan kiri dan gerakan berputar.

Minum
Saat perjalanan jauh, disarankan jangan mengurangi minum hanya karena Anda kuatir keseringan buang air kecil di perjalanan. Agar tetap sehat, standarkan minum Anda setiap hari sebanyak 2 liter minimal dan saat bus atau mobil berhenti di rest area maka sebaiknya Anda mengambil kesempatan untuk buang air kecil. Pada dasarnya dalam kondisi normal, manusia bisa buang air kecil setiap 3-4 jam sekali. Pada perjalanan panjang dihimbau untuk tidak minum teh dan kopi agar tidak menambah frekuensi ingin kencing, karena teh dan kopi adalah minum diuretik yang membuat tubuh lebih cepat membentuk urin.

Makan
Bagi Anda yang bermasalah dengan lambung, disarankan membawa penganan ringan saat perjalanan panjang, agar tidak membuat asam lambung meningkat karena perut kosong. Selain itu jangan makan makanan sembarangan di rest area agar tidak terkena diare di perjalanan. Hindari makanan yang disajikan terbuka dan usahakan pilihlah makanan yang baru dimasak dan panas.

Istirahat
Bagi Anda yang naik bus atau naik mobil pribadi, usahakan agar dapat mengambil waktu beristirahat di perjalanan agar tubuh tetap segar. Apalagi bila Anda adalah pengemudi mobil. Pilihlah lokasi parkir mobil yang aman agar bisa beristirahat dengan tenang. Bila Anda termasuk tipe yang sulit tidur di perjalanan, Anda bisa gunakan musik penghantar tidur dari HP Anda ataupun menggunakan penutup mata.

Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan selamat tiba di tujuan!

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.