(Business Lounge Journal – Human Resources)

Seorang teman, usia 35 tahun sudah berpindah kerja 10 kali dalam 10 tahun terakhir. Artinya setiap setahun sekali dia pindah kerja. Namun saya yakin masih banyak yang usianya mengabdi di perusahaan bahkan lebih pendek lagi dari itu. Lain lagi cerita seorang Bapak yang memiliki anak usia 25 tahun, anaknya kalau merasa ada pekerjaan lain yang lebih baik akan hengkang langsung dari perusahaan tersebut tanpa menunggu approval atasannya. Si Bapak sampai geleng-geleng kepala melihat tingkah laku anaknya. Manajer SDM sebuah Bank bahkan berkata bila anak muda bisa bertahan dua tahun saja itu sudah luarbiasa. Sebaliknya tentu Anda juga pernah menemukan perusahaan dengan karyawan yang usia pengabdiannya rata-rata di atas 10 tahun.

Loyalitas adalah sesuatu yang sangat mahal, tidak dapat dibeli dengan apapun. Memiliki karyawan yang loyal yang tidak kutu loncat adalah idaman setiap perusahaan. Capek juga bagian rekruitmen kalau angka turn over karyawan tinggi. Bongkar pasang teamwork juga tidak mudah, selalu harus beradaptasi lagi dengan yang baru. Itu sebabnya jika ada karyawan loyal dan berkualitas pastilah disayang perusahaan.

Namun, meraih hati karyawan atau tim Anda juga perlu usaha tentunya. Apa saja caranya? Berikut ini adalah empat cara mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

1. Jangan pelit kepada karyawan atau tim Anda.
Jangan harapkan loyalitas orang kepada Anda ketika Anda pelit. Itu tidak mungkin terjadi. Suka memberi, bermurah-hati dalam segala akan membeli loyalitas karyawan terhadap Anda atau perusahaan. Kelihatannya mungkin hal kecil saja seperti contohnya sebuah perhatian sederhana mentraktir karyawan Anda namun itu bisa menjadi sesuatu yang luarbiasa menumbuhkan loyalitas

2. Tahu menghargai orang lain
Sekecil apapun yang orang lakukan bagi Anda hargailah. Sesederhana apapun ide dari seseorang, hargailah. Ucapkanlah terimakasih dan jika perlu berikan apresiasi atau bahkan reward. Ketika seorang karyawan merasa “nothing” di hadapan Anda maka ia akan semakin tidak betah bekerja dengan Anda. Buatlah mereka merasa diri mereka berharga bagi perusahaan.

3. Berikan kesempatan untuk karyawan berkembang sesuai potensi mereka dan menambah ilmu selama bekerja. Hal ini bisa Anda berikan melalui career path yang jelas dan juga memberikan kesempatan untuk mengikuti training atau pelatihan yang berguna bagi karyawan. Rasa terimakasih mereka karena mendapat ilmu dari perusahaan akan membuat mereka dengan suka rela mengabdi dan tidak semudah itu meninggalkan perusahaan.

4. Budaya kekeluargaan dalam perusahaan
Budaya kekeluargaan ini akan membuat karyawan betah dan berpikir dua kali jika ingin berhenti, mereka akan kuatir tidak akan menemukan lingkungan, teman-teman, suasana kantor yang sudah seperti keluarga. Budaya kekeluargaan akan sangat mengikat satu dengan yang lain. Kantor adalah rumah kedua dan ciptakanlah kehangatan di tempat kerja.

Jika 4 hal ini ada dalam sebuah perusahaan, niscaya karyawan Anda loyal dan tidak mudah berpindah ke lain hati. Mereka dengan mudah akan belajar mencintai perusahaan, mencintai pekerjaan dan bersama Anda meraih kesuksesan.

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Leave a Reply

Your email address will not be published.