(Business Lounge Journal – Human Resources)

Hari gini banyak orang sudah mencari-cari informasi tiket atau travel memikirkan mau ke mana saat libur lebaran. Bekerja bagi sebagian orang merupakan hal sehari-hari dan sebuah rutinitas yang tidak berhenti kecuali jika hari libur tiba. Semua orang tentu senang liburan. Namun bagi orang yang tidak bahagia di tempat kerja, liburan menjadi pelarian karena pekerjaan telah menimbulkan rasa bosan, rasa penat, dan serasa hanya menghitung hari. Tidak jarang disertai dengan mengeluh dan mengeluh, seolah-olah stok mengeluh begitu banyak, tak ada habisnya. Alhasil hari-hari yang dilalui hanya stres belaka.

Beberapa orang lagi sangat memiliki tuntutan hidup yang tinggi, yang membuatnya tidak pernah puas terhadap pekerjaannya. Banyak juga yang akhirnya memilih berpindah-pindah pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain, berganti jabatan tidak masalah asalkan gaji lebih besar. Tapi apakah bahagia dalam bekerja?

Pertanyaan ini harus dijawab setiap orang yang bekerja, apakah bahagia dalam pekerjaannya. Jika Anda merasa tidak bahagia, jangan berlama-lama dalam kondisi seperti ini agar jangan stres dan akhirnya depresi datang menimpa.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri untuk menjadi ukuran kebahagiaan dalam bekerja.

1. Adakah senyum selalu menghiasi wajah Anda dalam keseharian bekerja?
2. Apakah Anda termasuk orang yang selalu ke kantor dengan semangat pagi sampai sore?
3. Apakah semua rekan kerja Anda dapat melihat semangat Anda?
4. Apakah meja kerja Anda setidaknya cukup rapi? Meja yang berantakan dapat merupakan wujud banyaknya hal yang dipikirkan dalam pekerjaan yang mungkin memicu stres.
5. Apakah hubungan Anda dengan rekan-rekan kerja Anda maupun dengan atasan terjalin baik? Komunikasi Anda lancar dengan mereka? Ada kekeluargaan yang terasakah di tempat kerja?
6. Apakah Anda dengan senang hati akan bekerja lembur bila memang ada pekerjaan yang harus diselesaikan?
7. Apakah Anda merasa pekerjaan Anda selalu menyenangkan dan tidak pernah terasa membosankan? Walaupun ada tantangan, namun Anda melihatnya sebagai peluang yang justru membuat Anda semakin semangat?
8. Apakah Anda merasa diri Anda dihargai di tempat kerja?
9. Apakah Anda dapat memiliki ide-ide kreatif di tempat kerja?
10. Adakah Anda merasakan posisi dan jabatan Anda sekarang sudah sesuai dan Anda syukuri?

Jika kesepuluh hal ini dapat Anda jawab dengan “ya”, maka berarti Anda adalah orang yang bahagia dalam bekerja. Nikmatilah pekerjaan Anda dan syukurilah selalu. Orang lain pun dapat turut merasakan jika Anda seorang yang bahagia. Namun sebaliknya jika Anda menjawab tidak bahkan pada satu point saja maka itu dapat menjadi indikasi adanya ketidakbahagiaan dalam bekerja. Evaluasilah sejenak dan perbaiki kondisi yang ada. Sebab satu saja dari poin di atas Anda biarkan, akan merembet kepada poin-poin yang lain dan pada akhirnya menghancurkan Anda dalam dunia kerja.

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.