(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Helga Angelina, pendiri Burgreens dan Anggie Rassly pendiri Brow Studio adalah dua pengusaha muda yang semakin nasionalis. Dalam talk show yang diadakan pada Kamis, 21 Februari 2019 di Kerja @86 Hub, kedua pengusaha muda ini menjadi nara sumber yang membagikan pengalaman mereka dalam berbisnis.

Nasionalisme Helga Angelina: Jalankan Strategi Bisnis Pemberdayaan Perempuan

Bagi Helga, di era pemerintah sekarang ini dia menemukan ide-ide strategis dalam pembangunan infrastruktur di dunia entrepreneurship mulai investasi, ekosistem inkubator, dan mentorship program. Ada 3 hal diakui Helga sangat ia rasakan langsung manfaatnya:

1.       Investing in Woman. Banyak sekali woman fund, yaitu pengusaha-pengusaha Indonesia maupun asing yang sudah menyiapkan dana untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang salah satu pendirinya adalah seorang perempuan.

2.       Impact Fund. Banyak sekali investor asing yang berpartner dengan investor Indonesia, untuk investasi khusus di perusahaan-perusahaan yang mempunyai dampak sosial atau mempunyai misi yang sejalan dengan Sustainable Development Goals. Perusahaan tersebut paling tidak memiliki rasio minimum 50% perempuan pada level board, management, staff.

3.    Knowledge Investment. Helga menyadari bahwa pengusaha memang membutuhkan uang, namun lebih penting lagi untuk memiliki knowledge untuk dapat mengembangkan bisnisnya sehingga dapat berkelanjutan. Helga menyadari jika pengusaha tidak memiliki pengetahuan untuk mengelola dana yang dimilikinya maka akan sangat berbahaya sebab dapat berakhir pada kebangkrutan. Helga menyadari benar bahwa pemerintah telah memberikan ekosistem yang sangat jelas untuk membantu pengusaha muda.

Sebagai rasa nasionalismenya, Helga telah berkomitmen bahwa ia akan terus menjalani misi sosialnya untuk memberdayakan ibu-ibu di dapur produksinya serta apa pun pertumbuhan bisnis yang dialaminya, 50% dari tim management dan tim operasionalnya haruslah perempuan.

Nasionalisme Anggie Rassly: Saya Ingin Tenaga Kecantikan Terbaik dari Indonesia

Anggie Rassly adalah pendiri Brow Studio dan beberapa klinik kecantikan. Anggie mengakui bahwa dalam 5 tahun terakhir ini ia merasakan dirinya semakin nasionalis. “Kalau dulu bukannya tidak bangga menjadi bangsa Indonesia. Tetapi sekarang, lebih bangga,” demikian diungkapkannya. Terutama ketika sebagai seorang ibu ia harus menjelaskan tentang Indonesia kepada buah hatinya. Terutama dengan terselenggaranya Asian games yang menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

Untuk merealisasikan rasa nasionalisnya, Anggie sedang merintis sebuah yayasan sehingga ia dapat berbagi ke SMK untuk bidang kecantikan sehingga para pelajar ini dapat terdorong untuk dari kecantikan mereka dapat mendapatkan penghasilan.

Satu lagi yang menjadi mimpinya adalah keinginannya untuk turun ke perusahaan-perusahaan TKW untuk memberikan ilmu kecantikan yang ia miliki.

“Sekarang, kalau ditanya dari mana tenaga kerja guru yang bagus? Banyak yang menjawab dari Filipina. Lalu, kenapa kita tidak bisa bilang bahwa tenaga kerja kecantikan yang bagus dari Indonesia?” demikian mimpi Anggie. Sebab menurut Anggi, orang Indonesia memiliki taste yang paling bagus untuk seni.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.