Kibaran Merah Putih nan Optimis Menatap Indonesia Maju

(Business Lounge Journal – Culture)

Lagu-lagu kebangsaan selalu menjadi begitu hits di telinga kita, lagu-lagu seperti Garuda Pancasila, Maju Tak Gentar, Berkibarlah Benderaku, dan masih banyak lagi selalu membangkitkan rasa cinta pada bangsa Indonesia ini.

Di Konvensi Rakyat yang diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), 24 Februari 2019, semangat kebangsaan terasa begitu kental juga gairah nasionalisme seakan melanda generasi muda. Begitu juga malam ini, gairah yang sama akan kebangsaan kita, begitu memenuhi atmosfir SICC, tempat pidato kenegaraan “Optimis Indonesia Maju” disampaikan oleh Jokowi. Puluhan bendera berdiri dengan gagah menjadi latar belakang para anggota TKN duduk di panggung, sekaligus menjadi latar belakang Jokowi berpidato.

Bendera merah putih pun berkibar di segala penjuru SICC menambah rasa kecintaan pada tanah air semakin membara pada siapa pun yang ada di dalamnya.

Puluhan ribu peserta yang hadir menggenggam erat-erat bendera merah putih sambil terus menerus mengibar-ngibarkannya. Bendera Merah Putih selalu membangkitkan rasa nasionalisme seiring membaranya rasa optimis bahwa Indonesia pasti maju. Demikianlah seperti yang disampaikan Jokowi dalam pidato kenegaraannya yang memapaparkan berbagai kebijakan yang telah dilakukan Jokowi selama satu periode kepemimpinannya secara utuh. Masyarakat memang perlu mengetahui secara utuh mengenai kebijakan-kebijakan dan program pemerintahan Jokowi selama satu periode.

Lagu-lagu kebangsaan terus membahana memenuhi SICC membangkitkan semangat patriotisme. Mars Garuda Pancasila, Halo halo Bandung, serta berkibarlah benderaku, seiring kibaran bendera di tangan-tangan mereka yang selalu optimis menatap Indonesia maju.

Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa
Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah Slama-lamanya

Tentang Sang Merah Putih

Bendera kita yang terdiri dari dua warna, merah dan putih dikenal dengan Sang Merah Putih atau disebut juga Sang Dwiwarna. Bendera kebanggaan kita ini telah merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme. Sejarah kedua warna ini telah sering dikibarkan sejak Kerajaan Majapahit dan panji-panji ini terus dibawa mulai dari Perang Aceh, Perang Kerajaan Bugis Bone, Perang Pangeran Diponegoro, dan perang-perang lainnya.

Bendera Indonesia secara filosofis memiliki makna merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kesucian. Selain itu, warna merah pun dikatakan melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Kedua warna tersebut dianggap saling melengkapi dan menyempurnakan Indonesia.

Bangga dengan Sang Merah Putih!

Maruli Sinambela/Partner in Management and Technology Services in Vibiz Consulting

Related Posts

One Response

  1. dina

    Momen yang paling bersejarah bagi negara Republik Indonesia adalah saat Sang Saka Merah Putih berkibar pada 17 Agustus 1945 Sang Saka Merah Putih mengingatkan kita selalu akan perjuangan para pahlawan revolusi yang gugur dalam merebut kemerdekaan negara ini dari tangan penjajah.
    Melihat bendera Sang Saka Merah Putih berkibar pada hari ini dalam acara Konvensi Rakyat di Gedung SICC dan dalam event2 berskala nasional maupun internasional membuat kita bangga. Kita optimis menatap kedepan. INDONESIA MAJU.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.