Indonesia OPTIMIS Miliki SDM Premium

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Dalam Pidato Kebangsaan “Optimis Indonesia Maju” hari ini, 24 Februari 2019 yang bertempat di Sentul International Convention Center, Capres 01 Joko Widodo berkali-kali mengatakan bahwa ia optimis bahwa Bangsa Indonesia akan memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas premium, mulai dari perempuan Indonesia, tenaga kerja Indonesia, dan para pengusaha muda.

Khususnya para generasi muda, kita patut berbesar hati sebab ada banyak hal yang akan diwujudkan dalam waktu dekat ini dan Jokowi sangat optimis bahwa SDM Indonesia akan maju setara dengan SDM premium. Jokowi optimis bahwa generasi muda dan milienial akan bersaing dan eksis dalam kompetisi global.

  • Dana penelitian akan ditingkatkan hingga mencapai 50 triliun rupiah untuk mendukung Perguruan Terbaik di Indonesia untuk masuk peringkat terbaik dunia dan akan dimulai dengan alokasi dana sebesar 10 triliun pada tahun 2020.
  • Indonesia telah memiliki 4 unicorn dan ini adalah unicorn terbanyak di Asia Tenggara yang menembus skala global dan telah memberikan manfaat bagi jutaan rakyat kecil.
  • Pemerintah telah memberikan Digital Talent Scholarship untuk 1000 orang di tahun 2018 dan Jokowi menargetkan untuk memberikan pada 20 ribu orang di 2020. Jokowi yakin akan semakin banyak startup lahir di Indonesia melalui berjejaring, bertukar pikiran, diskusi ide, dan saling percaya untuk bekerja sama. Jokowi yakin generasi milenial Indonesia mampu menembus pasar global.
  • Jokowi pun akan memperhatikan creative space untuk energi positif dan kreatifitas generasi milenial. Sebab di sini anak muda akan memiliki ajang untuk berkreasi, berkesenian, dan berolah raga baik di desa dan di kota. Di sini mereka juga akan bekolaborasi, mengasah toleransi, meningkatkan kreatifitas dan inovasi juga mempupuk jiwa wirausaha. Pada creative space ini akan ada pelatihan kelas terampil yang akan segera dilakukan secara besar-besaran untuk profesi kreatif. Ditambah dukungan dana sponshorship untuk kegiatan anak muda dan komunitas untuk mendorong prestasi skala nasional dan internasional.
  • Jokowi bertekad untuk memangkas berbagai regulasi berwirausaha yang menyulitkan dan yang membebani dunia usaha. Saat ini telah dimulai OSS (On line Single Submission).
  • Beban UMKM juga telah diringkankan dengan KUR berbunga murah 7%. Pajak final untuk UMKM juga telah diturunkan hingga separuhnya dari 1% hingga 0,5%.

Berkali-kali dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan bahwa dia optimis untuk mewujudkan Indonesia maju, berprestasi, dan setara.

“Saya yakin semakin banyak anak muda Indonesia akan masuk gelanggang dunia dengan mencetak prestasi. Saya Optimis prestasi. Saya optimis setara,” demikian diserukan Jokowi. “Tekad kita adalah mewujudkan Indonesia maju yang optimis dan siap menghadapi tantangan, perubahan jaman. Indonesia yang penuh harapan dan kesempatan. Indonesia yang membuat semua mimpi dan cita-cita warganya bisa diwujudkan.”

Business Lounge Journal/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.