Seni Lintas Generasi: 2019 Kami Mendukung dengan Bentuk Lukisan

(Business Lounge Journal – Art)

Sebuah pameran lukisan sedang digelar di Hotel Pullman, Central Park, dalam 2 hari ini. Pameran ini terbilang cukup unik oleh karena sengaja diadakan di tengah-tengah hirup pikuk perpolitikan di negeri ini. Untuk memberikan kesejukan dan menampilkan kampanye yang berkebudayaan, bernilai kultural, menunjukkan kreativitas tinggi, serta mengedepankan karya kebudayaan para seniman Indonesia, demikianlah pameran ini diadakan.

Walaupun demikian, bukan tanpa alasan acara ini berlangsung melainkan sebagai bentuk dukungan kepada salah satu pasangan capres dan cawapres, yang datang dari 73 orang pelukis lintas generasi untuk diwujudkan dalam bentuk Pop Up Galeri #01 di berbagai kota di Indonesia, walaupun saat ini baru berlangsung di Jakarta. Melalui galeri tersebut, para seniman mengapresiasi dukungan dalam bentuk berbagai karya serta berkolaborasi dengan sesama seniman pendukung.

Para pelukis seperti Kartika Affandi, Guzmen Hariadi, Heri Kris, Dedy Sufriadi, dan sederet pelukis lainnya memberikan dukungan bagi suasana pilpres yang sejuk dan nyaman melalui acara ini. Dengan demikian mereka dapat turut serta menghiasi wajah politik dengan karya seni dan budaya yang telah menjadi kekayaan Bangsa Indonesia.

Para pelukis menunjukkan ekspresi kebudayaan yang mengarah kepada ketenangan jiwa, karya seni yang hanya bisa dinikmati melalui mata hati. Sebagai pelukis senior, Kartika Affandi menyampaikan bagaimana pada Pilpres 2014, para pelukis melukis sebagai bentuk dukungan, namun pada Pilpres tahun ini mereka mendukung dengan bentuk lukisan. Sebuah lukisan yang telah dilukis sejak tahun 2014 pun ikut serta dipajang pada pameran ini.

Sekitar 7 orang pelukis dari Bali, datang untuk ikut serta meramaikan pameran ini. Ketut Jaya dan Made Somadita adalah dua nama di antaranya, yang mengaku kebanggannya untuk ikut serta sebab dengan demikian mereka dapat mendukung Pilpres 2019, sesuatu yang dapat mereka lakukan untuk Bumi Pertiwi. Beberapa yang pelukis lainnya juga hadir dari berbagai kota termasuk Jogjakarta. Beberapa lukisan dengan kental menyuguhkan guratan-guratan yang menggambarkan ke-khas-an budaya dari masyarakat tertentu.

Pameran seni ini merupakan pembuka dari seri pameran-pameran selanjutnya yang akan diadakan dalam bentuk pop up galeri #01 di berbagai kota. Hal ini guna mengapreasiasi karya para seniman dan menyambut dukungan yang diberikan para seniman, kolektor dan pemilik galeri seni.

Ruth Berliana/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.