(Business Lounge Journal – Human Resources)

Anda mungkin berpikir, bagaimana ya caranya supaya saya cepat mendapatkan promosi di kantor? Anda mungkin sudah berjuang dengan bekerja serajin mungkin, tapi hasilnya ya begitu-begitu saja. Ada kalanya, mungkin Anda berpikir bahwa karir Anda sudah deadwood dan merasa kemungkinan Anda dipromosikan sudah sangat kecil.

Tapi, jangan putus asa dulu, karena sebenarnya ada jalan keluar bagi Anda untuk bisa mendapatkan kemungkinan promosi. Apa jalan keluarnya? Mudah saja, yaitu dengan mengusahakan diri Anda untuk memiliki beberapa sifat di bawah ini :

Tetap berada di “jalur” Anda

Dengan kata lain, belajar untuk fokus mengerjakan apa yang harus Anda kerjakan. Jangan banyak keinginan ini dan itu dulu. Juga jangan bermental ingin bisa ini, bisa itu tapi tak fokus pada hal yang merupakan spesialisasi Anda. Fokus saja dengan apa yang menjadi spesialisasi Anda, terus belajar dan berkembang di bidang itu, serta tambahkan terus keahlian Anda di bidang yang Anda kuasai, sampai akhirnya Anda akan menjadi orang yang diandalkan perusahaan di bidang tersebut.

Tentu saja, pekerjaan yang Anda geluti, pasti akan mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman yang ada. Karena itu, intinya jangan berhenti untuk fokus belajar dan menambah pengetahuan terus di bidang pekerjaan yang merupakan spesialisasi Anda.

Mencari solusi dari permasalahan

Kalau Anda terkenal suka lari dari permasalahan, apalagi kalau Anda terkenal suka panik dan senewen, bagaimana caranya Anda bisa mendapatkan promosi? Orang yang akan mendapatkan promosi, tentu saja adalah orang yang mau mencari solusi ketika permasalahan ada dan tidak takut ketika harus mempertanggung jawabkan kesalahan.

Jadi mulai sekarang, buang segala sifat panik. Jika Anda mau berkembang dan mendapatkan promosi, sudah pastilah Anda harus bisa menjadi orang yang sanggup menyelesaikan masalah, bukan lari dari masalah.

Bekerja dengan lebih “pandai”

Kalau Anda cuma rajin bekerja tapi tidak “pandai”, tentu saja sulit untuk mendapatkan promosi. Karena Anda hanya akan terkenal sebagai orang yang rajin bekerja, tapi tanpa ide dan inisiatif. Bekerja lebih “pandai”, tentu saja maksudnya adalah bekerja dengan inisiatif dan ide baru. Sekali lagi, perusahaan senang dengan orang yang penuh ide baru, bukan hanya sekedar follower saja dalam bekerja.

Kenali sebanyak mungkin orang di perusahaan Anda, terutama di divisi Anda

Kalau memang Anda ingin berkembang, tentu saja Anda harus mengenal sebanyak mungkin orang di perusahaan Anda. Karena tentu saja, jika Anda ingin dipromosikan, tentu Anda butuh referensi, bukan? Tentunya, untuk mendapatkan referensi, perlu banyak orang yang Anda kenal.

Selain untuk referensi, tentu saja banyaknya kenalan adalah untuk menambah wawasan dan bertukar pikiran. Semakin banyak Anda bertukar pikiran yang positif, ide-ide baru yang cemerlang pun akan semakin banyak di benak Anda dan akhirnya, Anda sendiri pun akan semakin tahu bekerja “pandai”, dan berkembang dalam kemampuan Anda.

Zefanya Jodie Sumbayak, MBA/Editor In Chief vibizmedia.com

Related Posts

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.