Pertahankan Karyawan Anda di 2019

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Semua pasti tahu, kalau perusahaan harus punya cara mempertahankan karyawan andalannya untuk membuat denyut perusahaan tetap berjalan. Kalau karyawan tersebut keluar dari perusahaan dan pindah ke perusahaan lain, tentu itu akan sedikit merepotkan. Karena pihak perusahaan harus siap mencari pengganti, belum lagi mengajari karyawan baru, dan yang paling merepotkannya, adalah jika karyawan itu pindah ke perusahaan kompetitor. Bisa terbayangkan bahwa Anda tak akan bisa menahan mulutnya untuk cerita sebagian tentang perusahaan Anda ke perusahaan kompetitor tempatnya bekerja nanti.

Mempertahankan karyawan itu “gampang-gampang” susah. Dibilang gampang banget, tidak juga. Tapi dibilang susah banget, tidak juga. Nah, sekarang kita akan beritahu beberapa cara yang mungkin bisa dicoba untuk mempertahankan karyawan di tahun 2019 :

Buat desain lingkungan kerja yang homey dan tak membosankan

Poin ini tak dapat dipungkiri, bahwa pastinya ada pengeluaran dan renovasi demi lingkungan kerja yang homey. Percaya atau tidak, lingkungan kerja yang menyenangkan, bisa membuat karyawan lebih betah untuk bekerja.

Beberapa tempat yang harus dibuat homey adalah ruang meeting dan ruang training. Hal itu, tentunya untuk membuat suasana meeting atau training internal maupun eksternal perusahaan lebih rileks. Tentu saja, hal itu memancing ide-ide baru untuk keluar. Selain itu, cobalah juga untuk mendesain ruangan dengan menambahkan beberapa tumbuhan hidup, bunga, dan juga kursi empuk di beberapa sisi ruangan.

Hal yang kelihatannya kecil namun penting, adalah mesin kopi. Tentu saja, keberadaan alat ini, bisa membuat karyawan semakin semangat dalam bekerja. Tapi terlebih dari itu semua, tentu saja, kerapihan di setiap ruangan perusahaan sangatlah penting.

Berilah penghargaan pada karyawan yang menciptakan inovasi dan berani menyampaikan ide

Tahun 2019, inovasi tentunya sangat dihargai. Karena itu, untuk memancing karyawan tetap berinovasi dan senang mengembangkan ide, berilah mereka kesempatan untuk membicarakan idenya saat meeting.

Jika Anda memandang ide itu baik, mengapa tidak memberikannya kesempatan untuk mewujudkannya? Jika memang ide tersebut menghasilkan inovasi yang brilian, berilah penghargaan kepadanya. Misalnya, dengan meningkatkan gaji dan bonusnya dan juga memberikan fasilitas lebih yang membuatnya semakin loyal pada perusahaan.

Pengenalan karyawan name by name

Kelihatannya ini tak terlalu penting, tetapi tahukah Anda bahwa hal ini sangat penting?

Mari berandai-andai, coba bayangkan jika Anda seorang karyawan yang kemudian berada satu lift dengan salah seorang direksi yang di luar dugaan, ia menyapa Anda dengan nama Anda. Wah, selain kaget karena ternyata Anda terkenal, maka sudah dapat dipastikan cara berjalan Anda pun lain ketika keluar dari lift. Sejenak Anda menjadi lebih percaya diri.

Itulah hal yang terjadi jika Anda sebagai seorang pemimpin dapat mengenal nama karyawan Anda, walaupun mungkin hal ini akan semakin sulit dilakukan ketika jumlah tim Anda semakin banyak. Penting untuk memahami, seorang karyawan juga akan merasa lebih dihargai apabila namanya disebut dan dikenal oleh pimpinan perusahaan. Jadi, usahakanlah untuk mengingat nama karyawan Anda di kantor.

Transparansi dan kejelasan dalam pekerjaan

Karyawan di kantor, apalagi yang berusia relatif muda, sangat suka jika ada kejelasan dan transparansi dalam pekerjaan. Untuk mewujudkan transparansi dan kejelasan dalam pekerjaan, mudah saja. Caranya, cukup biasakan untuk karyawan Anda membuat daily report dan biasakan Anda meresponnya. Jika Anda tak meresponnya lewat tulisan, Anda bisa meresponnya dalam bentuk ucapan lisan saat esok hari bertemu dengan karyawan Anda itu.

Biasakan juga Anda untuk selalu mensosialisasikan visi dan misi perusahaan, dan juga target pencapaian yang jelas, serta harus juga membantu ketika karyawan Anda mengalami masalah dalam pekerjaannya. Hal itu, akan membuat kejelasan dalam pekerjaan dan pada akhirnya membuat karyawan menjadi loyal pada perusahaan Anda.

Zefanya Jodie Sumbayak, MBA/Editor In Chief vibizmedia.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published.