Lebih Produktif di Tahun 2019

(Business Lounge – General Management)

Tahun 2019, bisa dikatakan bahwa public speaking merupakan skill utama yang harus ‘banget’ dimiliki. (Baca: Public Speaking Online, Skill Wajib Untuk Tahun 2019). Namun, hanya berhasil dalam public speaking, tentu bukan jaminan untuk menjadikan Anda lebih produktif. Tapi, tentu saja kemampuan public speaking bisa merupakan salah satu cara agar Anda menjadi produktif. Saya tidak yakin, kalau orang yang diam-diam akan produktif. Orang kebanyakan diam, malah cenderung bisa-bisa sedang melakukan pekerjaan yang lain dibandingkan pekerjaan kantor yang seharusnya dikerjakannya.

Nah, pertanyaannya sekarang, jadi selain mengembangkan kemampuan public speaking, cara apa lagikah yang harus saya lakukan agar semakin produktif?

Kembangkan ide dan kemampuan berinovasi

Tak ada kata lain, tahun 2019, kalau Anda mau produktif dan berhasil, caranya adalah ‘mikir’ terus, ‘mikir’ terus, dan ‘mikir’ terus. Dengan berpikir terus, maka kemampuan dan ide Anda pasti akan berkembang. Tentu saja, di saat seperti ini, inovasi akan sangat diperlukan. Temuan baru dan juga model baru dalam menciptakan suatu produk adalah suatu hal yang sangat dihargai. Karena itu, kembangkan kemampuan berinovasi Anda.

Buatlah pemetaan yang harus Anda kembangkan

Memang, kemampuan public speaking dan inovasi, harus untuk Anda kembangkan. Tetapi, tentunya ada kemampuan lainnya yang Anda sendiri tahu untuk Anda kembangkan dan asah setiap harinya. Dengan Anda mengasah dan mengembangkan kemampuan Anda secara fokus dan menerapkannya dalam bisnis maupun pekerjaan Anda, maka Anda pasti akan menjadi lebih produktif dan efektif dalam bekerja.

Buat meeting lebih inklusif dengan kebebasan berbicara

Sekali lagi, keahlian public speaking sangat dibutuhkan. Setelah mengembangkan kemampuan berbicara, mengasah kemampuan berinovasi dan mendapatkan temuan baru, apalagi yang Anda lakukan? Tentu saja membicarakan dan mensosialisasikannya dalam meeting.

Karena itulah, penting sekali untuk sering membuat meeting yang inklusif di perusahaan Anda. Dengan adanya meeting inklusif yang terjadwal, maka pastinya Anda akan lebih produktif dalam bekerja, karena Anda pasti harus punya target untuk berbicara dalam meeting tersebut.

Jangan takut pada kegagalan

Ingat, kalau Anda sudah berbicara, sudah menemukan ide baru, dan sudah mensosialisasikannya, lalu Anda merasa gagal karena mungkin ide Anda tertolak oleh perusahaan, apa yang harus Anda lakukan? Jawabannya, bangkit lagi, buat ide baru lagi, rajinlah bicara dan sosialisasikan lagi.

Kalaupun ada kesalahan dalam proses yang Anda lakukan, jangan ragu untuk minta maaf dan berani menyelesaikannya. Intinya, jangan takut gagal, karena kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda. Kegagalan yang Anda pernah alami, justru bukan membuat Anda menjadi lemas, tetapi menjadi pendorong Anda untuk lebih produktif dalam bekerja.

  Zefanya Jodie Sumbayak, MBA /Editor In Chief Vibizmedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.