Public Speaking Online, Skill Wajib Untuk Tahun 2019

(Business Lounge Journal – General Management) – Tahun 2019, bisa dikatakan pasti berbeda dengan tahun sebelumnya. Ya, tentu saja hal itu juga menyangkut bidang keahlian yang perlu untuk dikembangkan dan tentu saja, kemampuan yang paling harus dimiliki pada tahun 2019 adalah public speaking.

Keahlian Penting Tahun 2019 : Public Speaking

Saya pernah melihat di salah satu media online, yang membahas mengenai kursus atau sertifikasi kemampuan seharga dibawah US$20 yang harus dipenuhi di tahun 2019. Dan, tentu saja, public speaking bundle berada di urutan nomor satu. Bahkan, di artikel tersebut dijelaskan bahwa beberapa hal yang bisa dipelajari dari kursus itu adalah semuanya tentang public speaking, mulai dari persiapannya, tampilan slide, teknik persuasi, dan juga cara berbicara di depan orang lain maupun di depan kamera.

Dunia profesional, memang mengalami banyak perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelumnya. Termasuk, pola kerja yang berbeda. Memang, zaman sekarang, yang lebih diandalkan adalah kemampuan untuk berbicara dan berkomunikasi. Jangan salah, kemampuan berbicara masa kini, tentu saja bukan hanya secara lisan, tetapi juga secara online.

Bagaimanakah pemahaman public speaking online? Mudah saja, yaitu dengan mempengaruhi orang lain melalui sosial media. saat ini, entah mengapa, orang lebih percaya apa yang dibicarakan melalui youtube atau sosial media lainnya. Gak heran, youtuber, social media influencer dan vlogger laku banget saat ini. Lalu apa ujungnya? Pastinya para penggemarnya akan meniru gayanya, dan juga berharap ketemu dengan youtuber, vlogger, dan social media influencer itu.

Public speaking online dan pengaruhnya bagi masyarakat

Public speaking di tahun 2019, bisa dilakukan secara lisan, maupun secara online. Secara online, tentu saja di depan kamera, atau bahkan melalui posting di social media.

Mungkin Anda bertanya, gimana caranya public speaking dengan menggunakan social media? Tentunya, seperti yang bisa dilihat pada social media influencer saat ini. Memang, terkadang mereka tak banyak bicara seperti layaknya trainer yang biasa mengajar di depan kelas secara lisan. Tetapi, foto atau video yang dibuat para social influencer , bisa dikatakan cukup berbicara kepada orang lain yang menjadi followers-nya.

Buktinya? Mudah saja melihatnya. Kalau orang sudah mulai terpengaruh dengan social media influencer yang mereka lihat di social media, mulai dari cara bertutur kata, cara berpakaian, gaya hidupnya, berarti bisa dikatakan public speaking secara online dari social media influencer tersebut sudah berhasil.

Tapi, Kalau orang hanya melihat akun social media sang social media influencer tapi tak terpengaruh, berarti ada 2 kemungkinannya. Kemungkinan pertama, sang social media influencer memang tak berhasil mempengaruhi orang lain melalui public speaking online yang dilakukannya. Bisa jadi, konten yang dibuatnya kurang menarik, atau juga banyak faktor lainnya. Tetapi kemungkinan yang kedua, bisa jadi karena orang melihat social media influencer itu, hanya untuk sekedar iseng-iseng saja, dan tetap punya pendirian yang kuat tanpa terpengaruh orang lain.

Nah, pertanyaannya sekarang..

Apakah Anda pernah melihat orang lain yang mulai terpengaruh social media influencer, baik gaya hidupnya, cara bicaranya, dan lainnya? Atau, Anda sendiri, apakah sebenarnya Anda juga mulai terpengaruh dengan social media influencer yang Anda ikuti di social media Anda? Atau juga, Anda tak sadar akan trend public speaking online yang sebenarnya sedang ada saat ini?

Intinya, saya tetap menganjurkan untuk Anda melatih kemampuan public speaking Anda secara lisan, karena itulah kemampuan yang sangat diperhitungkan dimana-mana. Namun, yang tak kalah pentingnya, Anda juga harus melatih kemampuan public speaking online Anda.

Caranya? Belajarlah membuat tulisan yang bagus, foto yang menarik, serta konten video yang unik dan digemari masyarakat. Tentu saja, konten tersebut harus positif. Selalu ingat, untuk jangan memakai segala cara untuk kepentingan public speaking online Anda. Tetap harus nempel di pikiran Anda, bahwa konten positif tetaplah merupakan nilai tambah dalam kemampuan public speaking Anda, baik secara lisan maupun online.

  Zefanya Jodie Sumbayak, MBA /Editor In Chief Vibizmedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.