Tahun Baru Menjelang Miliki Komitmen Baru

 

(Business Lounge Journal – General Management)

Sebentar lagi terompet berbunyi, tahun segera berganti. Tidak terasa kita tiba di  hari-hari bulan terakhir dari tahun 2018. Hari demi hari telah berlalu dan waktupun tak dapat kembali. Semua berputar begitu cepat. Adakah penyesalan karena tahun berakhir namun belum kita maksimalkan selama ini? Ataukah deg-degan menanti apa yang akan terjadi di tahun depan?

Meskipun demikian, akhir tahun selalu membawa suasana tersendiri yang dinanti-nantikan sambil menyambut datangnya tahun yang baru. Selalu excited bukan? Datangnya tahun baru selalu memberi harapan baru.

Hari ini selalu menentukan akan kemana esok. Setiap hari sangat berharga untuk hari esok yang lebih baik. Daripada menyesal lebih baik kita pikirkan yuk bagaimana agar tahun 2019 menjadi tahun yang berbuah manis, tahun yang lebih baik dari tahun 2018.

Persiapan pertama adalah persiapan mindset memasuki 2019. Mindset sangat penting sebab akan sangat mempengaruhi pola pikir dan keyakinan Anda dalam menghadapi hari esok. Mindset yang benar akan menjadikan mental yang lebih kuat dalam menjalani hidup.  Tidak sulit, cukup ambil keputusan sederhana saja di dalam pikiran Anda, taruhlah dalam mindset hal-hal di bawah ini :

– Putuskan untuk tetap gembira dan optimis apapun yang akan dihadapi

– Tidak khawatir terhadap apa yang belum terjadi di masa yang akan datang

Lalu bagaimana kalau pikiran-pikiran kekuatiran mengganggu? Sekali lagi ambil keputusan untuk membuang pikiran-pikiran yang tidak berguna.

Setelah itu, marilah kita siapkan hari-hari yang akan datang dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Lakukan evaluasi atas target dan rencana pribadi yang pernah dibuat di awal  tahun 2018. Apakah ada yang sudah tercapai atau belum? Buatlah target vs actual Anda.
  2. Perhatikan momen-momen penting dalam hidup Anda selama tahun 2018, entahkah itu momen keberhasilan ataupun kegagalan jangan ada yang terlewatkan.
  3. Evaluasi setiap keberhasilan dan kegagalan dan temukan kekuatan dan kelemahan Anda yang perlu diperbaiki
  4. Rayakan setiap keberhasilan bersama orang terdekat Anda dalam kerendahan hati dan syukuri setiap pembelajaran dari kegagalan karena akan menolong kita untuk  berhasil dimasa yang akan datang.
  5. Buatlah lagi rencana dan target untuk tahun 2019, dalam segala bidang hidup Anda.
  6. Share-kan rencana, target, mimpi-mimpi Anda kepada mereka yang terdekat dengan Anda. Ingatlah bahwa orang-orang terdekat selalu adalah supporter yang tidak pernah letih mendukung Anda dalam segala kondisi yang Anda hadapi. Mereka bergembira ketika Anda bergembira dan memberi semangat disaat  sulit.  Hidup tidaklah sendiri bukan?
  7. Terakhir yang terpenting adalah bawalah semua yang telah Anda pikiran dan tuangkan dalam doa.

Semangat…! Kita hadapi tahun yang baru dengan senyum dan tangan terbentang menyambutnya. Betapa indahnya, bila masih bisa memiliki satu hari yang dapat dijalani . Selamat datang 2019! Selamat tahun baru!

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published.