(Business Lounge Journal – Human Resources)

Menjadi seorang yang bekerja di bawah pimpinan orang lain seringkali tidak menyenangkan. Pernahkah mengalami hal ini? Anda merasa disuruh-suruh, terkadang merrasa terpaksa mengerjakan atau pun merasa ditekan oleh atasan. Ditegur dan dinasehati atasan menjadi makanan sehari-hari.

Namun, jangan sakit hati walaupun sejumlah hal yang tidak mengenakkan terjadi. Orang bijak mengatakan: “Orang rajin memegang kekuasaan dan kemalasan mengakibatkan kerja paksa”.  Ternyata hal ini terbukti lho..

Seorang follower yang rajin dan tekun dalam bekerja, maka pada akhirnya akan mendapatkan promosi, naik jabatan, disukai atasan, dan mendapatkan kekuasaan bukan? Atasan mana yang tidak akan suka jika semua pekerjaan selalu beres, anak buah memiliki inisiatif dalam bekerja, terkenal suka menolong timnya, tidak pernah terlambat datang ke pekerjaan dan selalu rajin memberikan laporan perkembangan pekerjaannya sehingga sangat menolong atasan itu sendiri?

Sedangkan jika dia malas maka ia akan selalu harus dipaksa kalau mengerjakan sesuatu. Pekerjaan bukan inisiatif dari dirinya. Seringkali bahkan harus ditegur dulu barulah mengerjakan pekerjaannya. Kalau ditegur maka akan banyak berdalih, alasan ini dan itu sehingga lama kelamaaan pasti akan menimbulkan emosi pada atasannya. Yah, itulah orang malas! Orang seperti ini pada akhirnya akan kehilangan pekerjaannya. Boro-boro mendapatkan kekuasaan malah dipecat sekalian.

Rahasia Sukses

Jadi, seorang follower yang sukses ujungnya adalah akan menjadi seorang leader. Visi pribadi seorang yang berada pada posisi follower saat ini adalah menjadi leader. Namun pentinguntuk dipahami bahwa visi tanpa action tidak akan pernah tercapai, visi harus benar-benar ada di pikiran dan menjadi drive yang kuat dalam bekerja.

Namun tentu ada tipsnya untuk menjadi follower yang sukses. Mari kita lihat 7 tips dari 7 quote berikut ini:

  1. Rajin

Estee Lauder mengatakan: ”I never dream about success, I work for it”

  1. Selalu melakukan yang terbaik

Joe Dimaggio mengatakan: “A person doing his or her best becomes a natural leader, just by example”

  1. Submit, taat dan loyal pada atasan

John Maxwell: “To be a good leader you must know how to follow”

  1. Selalu katakan I can and I will

Richard Branson: “ If somebody offers you an amazing opportunity but you are not sure you can do it, say YES then learn how to do it later”

  1. Mencoba lagi kalau gagal

Unknown: “ Successful people make mistakes, but they don’t quit and keep moving.”

  1. Mencintai pekerjaan

Steve Jobs: “ The only way to do great work is to love what you do”

  1. Think like owner

Sandstorm: “Think like the person you want to become”

Selamat meraih sukses.. mulai dari SEKARANG!

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting Group.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.