(Business Lounge Journal – Human Resources)

Periode ini, adalah periode yang sangat unik sebab Anda dapat menemukan 4 generasi bekerja bersama-sama dalam sebuah organisasi serta 5 generasi dalam sebuah kurun waktu yang sama.

  1. Baby boomer adalah mereka yang lahir sebelum tahun 1960
  2. Generasi X adalah mereka yang lahir antara tahun 1961 hingga 1980
  3. Generasi Y atau lebih dikenal dengan millennial, antara tahun 1981 hingga 1994
  4. Generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010

Mereka para baby boomer, masih banyak yang masih berkecimpung di dunia kerja, para pemilik bisnis atau pemegang saham. Sedangkan si generasi Z yang sudah menginjak usia 23 tahun, juga sudah mulai memasuki dunia kerja.

Coba kita perhatikan terlebih dahulu apa yang menjadi ciri khas keempat generasi ini di dalam dunia kerja.

Baby Boomers

Mereka yang lahir sebelum tahun 1960 bisa dikatakan telah menginjak usia paling tidak lebih dari 58 tahun saat ini. Bisa dikatakan generasi ayah dan ibu atau kakek dan nenek. Bisa terbayang dong bagaimana generasi ini adalah generasi yang lahir setelah berbagai perang berakhir. Di saat itu baik perekonomian, pembangunan, tata kehidupan, semuanya sedang ada dalam pembangunan dan penataan ulang. Sehingga generasi ini terbiasa untuk ada dalam situasi yang tidak mudah dan terbiasa untuk bekerja keras serta daya tahan yang baik dalam bekerja.

Kala itu teknologi juga belum bisa dikatakan berkembang. Norma-norma adat masih terasa kental dan sangat dipegang teguh. Kalau saya bayangkan ini termasuk angkatan yang mungkin saat ini kita katakan “kolot” dan benar-benar memegang nilai-nilai adat istiadat dalam setiap pengambilan keputusan. Bisa dikatakan apa yang menjadi norma-norma di suatu daerah, maka itulah yang menjadi acuannya.

Mereka masih mementingkan lingkungan sosial dan satu hal yang dapat kita tandai adalah bagaimana pada masa itu mobile phone belumlah marak, sehingga para baby boomer lebih terbiasa dengan berbicara langsung dibandingkan lewat mobile phone.

Generasi X

Para generasi X memiliki karakteristik yang hampir sama oleh karena pola asuh para Baby Boomers yang juga terbiasa untuk mengambil keputusan dengan matang. Ini pun berdampak pada generasi X yang cenderung berani untuk mengambil risiko.

Apa saja sih yang terjadi pada masa generasi X ini dibesarkan? Mungkin Anda ingat dengan berbagai konflik global yang ada seperti Perang Dingin antara Amerika dan Sovyet, Perang Vietnam, atau jatuhnya Tembok Berlin. Akibatnya generasi ini cenderung bersikap lebih terbuka untuk menerima perbedaan yang ada.

Pada generasi ini jugalah teknologi mulai diperkenalkan, seperti komputer yang mulai digunakan, adanya sambungan internet, dikenalnya berkirim pesan dengan email, sehingga generasi ini pun mulai berpikir dengan lebih inovatif.

Generasi Y

Generasi Y sebagian besar juga dibesarkan oleh Baby Boomers. Nah, generasi inilah yang dewasa ini banyak mengambil bagian di dunia kerja dan cukup membuat generasi-generasi sebelumnya putar otak untuk menangani mereka. Sebab pada era ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Mulai dari teknologi komputer, berkembangnya video games, gadget, smartphones, serta fasilitas-fasiltas yang terkomputerisasi, juga internet yang semakin canggih yang sebagian besar telah mengambil bagian dalam keseharian para millennial. Perkembangan teknologi ini pun membentuk sebuah warna tersendiri pada kepribadian generasi ini.

Pesatnya teknologi membuat mereka dapat bergerak lebih cepat dan memilih menggunakan teknologi untuk memfasilitasi percakapan dan pertemuan daripada pertemuan langsung. Penuh ide yang visioner dan inovatif menjadi salah satu cirinya.

Generasi Z

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga mempengaruhi karakteristik generasi ini, generasi yang merupakan peralihan dari Generasi Y. Salah satu yang dipengaruhi oleh generasi yang dibesarkan oleh Generasi X ini, cenderung serba ingin instan. Belum lagi, penggunaan media sosial yang seakan mengambil peranan penting dalam keseharian mereka.

Namun memang belum dapat dikaji lebih banyak oleh karena usia mereka yang saat ini masih sangat muda. Tetapi yang jelas,

Setelah generasi Z, telah ada generasi Alpha yang lahir sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Selanjutnya:

Meninjau kultur

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.