(Business Lounge Journal – Human Resources)

Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulisan di beberapa perusahaan. Penting sekali untuk melakukan evaluasi 360 derajat. Janganlah sekedar memandangnya menambah pekerjaan HR dan memberatkan tanggung jawab. Penilaian dari pihak lain seringkali lebih apa adanya ketimbang penilaian kita sendiri. Hal lain yang sebenarnya dapat dilihat kebaikan dari cara ini adalah banyaknya ide-ide lain atau bahkan inovasi baru untuk HR yang dimungkinkan timbul sebagai hasil pemikiran orang/divisi lain. Sering kali kita cenderung berpikir bahwa orang akan hanya memberikan kritikan daripada pujian. Namun bukankah kritikan adalah justru saran perbaikan yang kita perlukan untuk terus menjadi lebih baik? Orang membayar mahal untuk pekerjaan audit, bukankah kita seharusnya senang jika ada orang lain yang mau meluangkan waktu mengamati dan menilai kinerja divisi kita? Mari kita sama-sama mengubah pola pikir kita terhadap cross evaluation.

Jika kita kuatir atas penilaian subyektif orang lain, maka yakinlah bahwa jika kita justru memberikan mereka kesempatan untuk terus menerus menilai kita, mereka akan berubah ke arah yang lebih obyektif. Beberapa hal lain yang juga dapat dihasilkan dari penilaian silang ini adalah:

1. Individual and Division figure – Keeping the Right People

Kita akan mendapatkan gambaran dari setiap orang dalam perusahaan. Ini sangat berguna untuk dapat menganalisa kinerja setiap individu yang berujung pada kinerja divisi dan keseluruhan perusahaan. Bagaimana cara orang menilai, apa pola pikirnya, bahkan lebih jauh lagi bagaimana sikap kerja kesehariannya. Dari sini HR dapat mengambil bagian penilaian untuk mempertahankan orang-orang yang tepat bagi keuntungan perusahaan.

2. Performance Review and Planning (PRP)

Cross evaluation ini pun dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan kebutuhan karyawan atau divisinya (Training Needs) untuk berkembang lebih baik. Ini memudahkan kita dalam menyiapkan Rencana Pelatihan Tahunan dan sekaligus evaluasi dari yang sudah kita lakukan di tahun sebelumnya. Semakin banyak input atas kinerja kita semakin tajam kita menyiapkan rencana yang lebih baik ke depannya. Secara bertahap kinerja kita pun akan dapat lebih terukur dan bermanfaat sehingga dapat lebih dirasakan hasilnya oleh karyawan dan manajemen secara keseluruhan.

3. KPI & Staff Development Performance Review

Lebih jauh data yang dihasilkan dari cross evaluation ini dapat dikemas untuk membantu menentukan KPI dan pengembangan karyawan ke depan dan mengevaluasi efektifitas serta pencapaian KPI di tahun sebelumnya. Penentuan target yang terarah pada tujuan yang jelas dan sesuai dengan ketentuan pola SMART.

4. Cross Cultural Management Performance Evaluation

Jika memungkinkan kita dapat juga melakukan cross evaluation lintas budaya dengan anak perusahaan dalam group perusahaan (sister company) yang independent. Sebagai bagian dari rangkaian bisnis perusahaan tentu dapat kita manfaatkan untuk saling mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan dan mengambil pelajaran yang semakin memperbaiki budaya perusahaan sesuai dengan industri bisnis yang dijalankan.

Di sini kita melihat manfaat yang dapat Tim HR ambil dengan melakukan cross evaluation. Membuka diri dengan sasaran yang tepat dan batasan strategi yang jitu akan semakin meningkatkan kinerja HR dalam perusahaan.

Semoga bermanfaat.

Melva Emsy Simalango/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.