(Business Lounge Journal – General Management)

Dampak Dinamika Perusahaan

Manajemen diri. Jika Anda seorang yang bekerja, Anda tentu seringkali menghadapi dinamika perusahaan yang berpengaruh terhadap pekerjaan Anda sekarang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagi sebuah perusahaan, dalam suatu kondisi untuk dapat survive perlu bergerak secara dinamis untuk menjawab tantangan yang menghadang. Bergeraknya waktu dan berkembangnya jaman baik secara global, maupun lokal akan mempengaruhi manusia untuk bertindak dan gaya hidupnya. Mau tidak mau dan suka atau tidak suka, setiap manusia akan mengalami perubahan seriring dengan bertambahnya usia, secara kebutuhan berubah, dan penyesuaian-penyesuaian lainnya. Perubahan adalah suatu yang wajar karena itulah ciri dari suatu kehidupan.

Energi untuk Berubah

Nah, kembali lagi kepada status Anda sebagai seorang karyawan, kecenderungan seorang karyawan atau banyak di antara karyawan menganggap perubahan adalah suatu tuntutan yang membutuhkan suatu energi tertentu untuk dapat mengikutinya. Perubahan dalam kebijakan strategi perusahaan, maupun yang bersinggungan dengan hak-hak yang diterima karyawan akan memicu berbagai respon. Mulai dari sifat skeptis sampai yang bersifat reaktif.

Berikut ini pengalaman seorang kawan yang bekerja di sebuah perusahaan nasional yang bergerak di bidang perbankan.

“Ketika suatu waktu perusahaan saya bekerja mendapatkan tantangan bisnis yang besar. Mulai dari kondisi market yang stagnan hingga kompetitor yang cenderung memiliki kapasitas bisnis yang lebih besar dan kuat. Manajemen menuntut setiap karyawan untuk meningkatkan kapabilitas dalam bekerja. Juga tuntutan yang tidak dapat dihindarkan adalah efisiensi struktur organisasi.

Pentingnya untuk Segera Dinamis

Perubahan timbul sebagai respon dinamis perusahaan kami, karena bisnis yang mulai menunjukan tren menurun. Antisipasi dilakukan karena adanya Indikasi yang mengarah pada penurunan yang makin tajam. Perusahaan bergerak dinamis dan melakukan penyesuaian. Bagi saya, mencermati dan bergerak mengikuti dinamika perusahaan adalah jalan terbaik untuk juga dapat bertahan. Tuntutan persaingan bisnis perusahaan saya adalah juga tuntutun bagi saya untuk dapat bekerja lebih efektif, produktif dan berusaha memberikan kontribusi lebih dari bidang yang saya kerjakan.

Dalam dinamikanya, manajemen perusahaan mengambil kebijakan efisiensi dengan meluncurkan program pengakhiran pekerjaan secara sukarela. Tawaran ini tentu menarik dan sesuai paket yang diterima oleh masing-masing karyawan. Tim kami kemudian melakukan evaluasi dari pekerjaan yang sudah berjalan selama ini. Setelah diskusi internal kami menyiapkan langkah-langkah baru, meningkatkan deliverables pekerjaan dan pola-pola hasil yang baru, supaya makin efektif dan lebih memberikan kontribusi kepada departemen kami. Hasilnya cukup positif dan tim kami mendapatkan apresiasi dari department head serta semakin diposisikan penting dalam setiap pengembangan produk dan layanan”’

Sebuah contoh yang nyata di atas, menunjukan dinamika terjadi pada setiap perusahaan agar dapat bertahan maupun berkembang. Pressure dari pihak manajemen bukan menjadi suatu halangan tapi harus dipandang sebagai sebuah tantangan. Setiap tantangan harus dilihat sebagai suatu yang positif bahkan menjadi peluang untuk meningkatkan kinerja baik secara individu maupun tim.

Ya, Berubahlan kawan, atau …..

Menekan Tombol Kemauan Anda

Potensi selalu kita miliki, masalahnya adalah kemauan yang menghalanginya. Kemauan adalah seperti tombol untuk men-start mesin bisa berjalan. seperti ada kata pepatah “di mana ada kemauan maka disitu ada jalan”. Mari nyalakan mesin kemauan Anda dan kerahkan energi untuk melalui jalan perubahan dan mencapai tujuan dan menjadi pribadi yang lebih baik.

‘Kerja, kerja, kerja’, kata-kata yang sudah sangat familiar kita kenal sebagai slogan bapak Jokowi untuk memimpin timnya. Namun slogan hanyalah kata-kata, dan energi positif perlu menjadi dorongan untuk menyalakan mesin dengan kemauan dan bergerak mencapai tujuan.

Sahabat mari bekerja, salam semangat, dan salam perubahan.

Tri P Adhi/VMN/BLJ/Contributor

Leave a Reply

Your email address will not be published.