Bila Calon Pekerja Memilih Perusahaan

 

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Ditengah tidak mudahnya mencari pekerjaan pada masa ini, ternyata tidak sedikit perusahaan mengalami kesulitan juga mencari kandidat potensial untuk pemenuhan kebutuhannya. Kondisi ini berlangsung bertahun-tahun dan menjadi kesulitan yang terus menerus ditumpukan pada kinerja HR. Apakah masalah mendapatkan pekerja yang terbaik sepenuhnya hanya tanggung jawab HR?

Kenyataan lainnya, beberapa perusahaan kelimpungan karena begitu banyaknya kandidat yang melamar dan sangat berminat untuk bekerja di perusahaannya sehingga mereka harus menentukan kandidat yang terbaik dari banyak kualifikasi yang sangat baik. Apakah yang menjadi faktor penentu bagi pencari kerja sehingga mereka begitu tertarik dan berusaha untuk bekerja di sana atau sebaliknya sekalipun sudah diterima dengan tawaran yang cukup baik dari suatu perusahaan, tetap saja pada akhirnya mereka menolak tawaran dari perusahaan tersebut. Beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan pencari kerja pada beberapa tahun terakhir terhadap perusahaan yang diminati adalah:

1. Lama berdirinya Perusahaan

Calon pekerja biasanya memiliki mimpi sendiri ketika mereka masih dalam proses belajar/kuliah. Bekerja di perusahaan-perusahaan besar sering kali menjadi idola mereka. Semakin lama perusahaan tersebut berdiri maka semakin menjadi daya tarik bagi mereka. Mereka berpikir finansial perusahaan tentulah aman dengan kemampuannya yang terbukti dapat terus bersaingsepanjang tahun-tahun yang mereka lewati.

2. Image Perusahaan

Apalagi perusahaan tersebut memiliki image yang baik, program-program kerja yang menarik, benefit karyawan yang diatas standar pada umumnya, adanya jenjang karir yang terencana, fasilitas pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan kompetensi karyawannya, kegiatan rekreasi karyawan dan keluarga karyawan dan hal lainnya yang membangun image baik bagi perusahaan tersebut, akan sangat menarik bagi calon pekerja yang cerdas dan menyadari kemampuannya yang dapat diandalkan untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan.

3. Perusahaan multi nasional dan internasional

Bayangan akan meningkatkan citra diri adalah kebanggan tersendiri jika dapat bekerja di perusahaan seperti ini, apalagi di-“iming-iming”-kan adanya perjalanan ke luar negeri tempat cabang-cabang perusahaan tersebut berada, akan semakin menarik hati pada pencari kerja.

4. Perusahaan pemerintah atau BUMN

Perusahaan ini termasuk yang paling diminati calon pekerja. Pandangan calon pekerja terhadapnya adalah tidak ada perusahaan lain yang dapat menyainginya dari sisi benefit, keamanan kerja sampai dengan kemampuannya menyejahterakan karyawannya.

Lalu kiat apa yang dapat dilakukan untuk perusahaan yang belum memiliki image dan kategori tersebut, juga tidak terlalu sebesar perusahaan raksasa lainnya? Jelas perlu usaha untuk membangun image perusahaan di mata masyarakat sehingga dalam kurun waktu tertentu nama perusahaan lebih dikenal, seperti melakukan iklan, promosi, bekerja sama dengan perusahaan yang lebih besar dan terkenal, lakukan pendekatan kepada kantor pemerintah, kampus dan sekolah serta strategi lainnya.

Melva Emsy Simalango/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.