Globalisasi Pengaruhi Operational Management

(Business Lounge Journal – Operation Management)

Dewasa ini mengoperasikan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, coba saja untuk berbincang dengan mereka yang sehari-harinya berkecimpung dalam operation management, bagaimana ada banyak hal yang terus bergerak dengan dinamis dan dibutuhkan pemikiran-pemikiran yang strategic untuk dapat menyesuaikannya.

Globalisasi merupakan salah satu yang menjadi tantangannya. Kedengarannya seperti sangat abstract, namun demikianlah yang terjadi sebenarnya. Apa yang mendunia, selalu akan menjadi acuan. Untuk mengetahui apa yang sedang tren di dunia sekarang ini, sangatlah mudah dan jika toko di seberang jalan dapat melakukannya, maka itu berarti menjadi sebuah ‘pe er’ untuk dapat melakukan hal yang sama. Kita tidak bicara hanya pada perusahaan yang besar, tetapi semua yang masuk di dalam sebuah kompetisi, harus mau terjun di dalamnya. Apalagi jika pemerintah juga terlibat di dalamnya.

Terbayang betapa mereka yang ada dalam bagian operasional harus dapat bergerak dengan dinamis. Baru saja dapat menyesuaikan, trend dunia akan terus berkembang. Oleh karena itu penting untuk memiliki kreatifitas untuk terus berinovasi. Kreatifitas inilah yang akan menjadi faktor kunci keberhasilan selain pengetahuan tentang bisnis secara global dan segudang budaya bisnis di seluruh dunia.

Secara fungsional, bagian operasional sangat terkait erat dengan empat fungsi: perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian untuk memastikan bahwa produk atau layanan tetap kompetitif di pasar. Semua ini sudah tentu berkaitan erat dengan semua sumber daya yang ada, seperti lahan atau ruang penyimpanan, bahan, tenaga kerja, air, energi, atau sumber daya keuangan. Sehingga bagian operasional tidak hanya memikirkan produk yang dihasilkan melainkan bagaimana mengkombinasikan barang dan pelayanan. Misalnya saja restoran tidak mungkin hanya memikirkan bagaimana menghasilkan makanannya, namun juga bagaimana menyajikannya, bagaimana kebersihannya, suasana, penyambutan tamu, dan lain-lain.

Produktivitas tinggi akan menghasilkan biaya yang lebih rendah dan keuntungan yang lebih tinggi dengan harga yangtelah ditentukan. Untuk mengilustrasikan, mobil yang sudah jadi akan memiliki nilai yang lebih tinggi daripada baja mentah.

Sebagai contoh, beberapa hal yang terkait globalisasi yang perlu diperhatikan seperti semakin murah dan mudahnya transportasi dan komunikasi. Sekarang ini, memesan barang secara online di pagi hari sudah dapat menerimanya pada siang hari. Sangat mudah, jika Anda tidak dapat mengimbangi ide bagaimana dapat menyajikan layanan yang sejenis, maka akan sangat sulit untuk dapat tetap menjagakompetisi pada pasar. Atau di era sosial media sekarang ini dan Anda tetap tidak dapat dijumpai di sana, Anda pun kemungkinannya akan mengalami kesulitan.

Salah satu yang juga menyebabkan para perusahaan raksasa dunia, merelokasi proses bisnis mereka ke lokasi-lokasi yang berbiaya rendah (misalnya dari Eropa ke India atau China), adalah juga terkait masalah globalisasi. Dengan digitalisasi, internet, dan jaringan data berkecepatan tinggi sebagai kekuatan pendorong, semua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pengetahuan kini dapat dilakukan hampir di mana saja di dunia.

Jadi jika tidak pasang mata dan telinga untuk memperhatikan apa yang terjadi secara global, dapat dipastikan Anda akan mengalami kesulitan dan menjalani operasional Anda.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.