Great HR will Create Great Leaders

 

(Business Lounge Journal – Human Resources) Beberapa pengalaman menunjukkan, perusahaan-perusahaan yang memiliki HR yang kuat akan memiliki peluang yang lebih besar untuk memajukan dan memperlengkapi karyawannya menjadi lebih kompeten, bahkan tidak sedikit menciptakan calon pemimpin-pemimpin ke depan yang hebat, dengan melalui tahapan proses yang konsisten yang dilakukan oleh HR. Tentu saja yang direspon baik oleh karyawannya.

HR yang kuat selalu memiliki gagasan dan program pembekalan yang konsisten dilakukan dan teruji menghasilkan dampak yang sangat baik dan mengubah pola pikir, pola kerja, dan mental yang kuat kepada karyawannya. Ini didasarkan dari kerinduan dan semangat HR yang tinggi untuk berkarya dan memberi kontribusi yang signifikan pada perusahaan dan karyawan. Tidak berhenti berpikir dan melakukan (action) ide-ide, inovasi, program kerja HR juga rajin melakukan kolaborasi dengan manajemen dan seluruh tim yang ada. Intinya segala sesuatu dipikirkan dan dikerjakan dengan sepenuh hatinya, tidak setengah-setengah.

Karyawan sendiri seringkali tidak menyadari potensi dalam dirinya dengan sepenuhnya. Batasan-batasan pola pikir mereka menyempitkan kesadaran akan kemampuan yang hebat yang sebenarnya mereka miliki. Jika ada orang besar saat ini yang sebelumnya memiliki pengalaman penolakan puluhan kali tetapi terus tidak berhenti, pantang menyerah karena yakin akan kemampuannya, maka ada banyak pula orang yang sebenarnya punya banyak kemampuan yang sama, namun tidak tergali dengan baik, sehingga perlu seseorang yang menggali dan “memecut” dirinya secara konsisten untuk beberapa waktu, barulah orang-orang ini dapat bangkit dan terbang tinggi.

HR haruslah menyadari hal ini. Tidak hanya melalukan fungsi-fungsi pekerjaannya tetapi juga kemampuan dan tanggung jawabnya untuk mengembangkan potensi karyawan dan menciptakan calon-calon pemimpin di masa datang. Rajin, rajin, dan rajin untuk terus berkarya dan mencari potensi-potensi tersebut. Tidak berhenti pada rutinitas dan kenyamanan kerja.

Apa langkah-langkah yang dapat dilakukan HR dalam menemukan talent-talent internal masa depan dan bagaimana membentuk mereka?

  1. Lakukan coaching & couseling pada karyawan.
  2. Adakan program pengumpulan ide. Misalnya Suggestion Box, Improvement Ideas Collection, Star Program (usulan program-program yang membangun kemampuan karyawan).
  3. Luangkan waktu yang tak terduga untuk memperhatikan karyawan (on the spot) di pagi hari, siang, dan sore hari.
  4. Collect info dari pemimpin-pemimpin yang dapat dipercaya untuk mendapatkan recommended talent.
  5. Buat tim khusus di internal HR (tanpa perlu diinformasikan kepada umum) untuk mencari bukti-bukti nilai positif karyawan baik di lingkungan perusahaan, di keluarga karyawan maupun komunitasnya.

Kita dapat menambahkan cara-cara lainnya yang menambah peluang untuk mendapatkan talent di lingkungan perusahaan.

Setelah kita mendapatkan beberapa talent, maka kita wajib mengadakan project khusus untuk mereka selama periode tertentu. Konsisten mendidik, mengarahkan, melatih, dan menanamkan nilai-nilai positif, menegur jika diperlukan dan men-challenge mereka untuk project yang memang lebih berat untuk mereka coba kerjakan. Seringkali “menceburkan” talent ke posisi sulit justru memunculkan “EMAS” yang mereka miliki.

HR sejati memang haruslah menjadi HR yang bekerja keras untuk menciptakan leader di perusahaan. Sebagai guru yang mengajar, trainer yang melatih, orangtua yang mengasuh, pemimpin yang menuntut namun memberi kepercayaan, dan juga produser yang menemukan emas yang dapat dikembangkan untuk regenerasi dan perluasan usaha perusahaan.

Semoga bermanfaat.

Melva Emsy Simalango/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.