Stress will Kill You

(Business Lounge Journal – Medicine) Pernah stres di kantor karena pekerjaan yang menumpuk yang tak pernah selesai? Atau stres dengan penyakit yang dialami? Ataukah hidup penuh kekuatiran dan kepanikan? Adakah manusia bebas stres? Saya rasa tidak ada manusia yang pernah bebas stres. Sedikit atau banyak, perasaan stres pasti pernah menghinggapi Anda. Semua manusia bisa stres.

Pernahkah saat stress nafsu makan Anda tidak terkendali atau tidak sakit kepala seperti tidak ada habisnya. Betul! Stress berpengaruh pada tubuh kita! Itu sebabnya perlu kita kenal stres ini karena sangat berdampak pada hidup manusia.

Jenis Stres

Ada dua jenis utama stres – akut dan kronis – dan tidak semua stres buruk bagi Anda. Sesuatu dikatakan kronik bila telah berlangsung lebih dari dua minggu.

Stres akut adalah reaksi terhadap ancaman langsung, umumnya dikenal sebagai respons “fight or flight”.  Kondisi stres seperti ini biasanya bermanfaat karena akan melatih mental Anda semakin kuat dan memposisikan otak bahkan mencapai kinerja puncaknya. Jenis stres seperti ini akan berlalu dan tidak menimbulkan efek jangka panjang.

Namun, yang ingin kita bahas disini adalah stres kronis, yang dapat dialami seseorang untuk waktu yang lama.  Jenis stres ini dapat membuat Anda lebih rentan terhadap segala penyakit mulai dari yang ringan seperti flu hingga terkena kanker. Hormon stres dalam tubuh meningkat terus tanpa berhenti. Awalnya memang membuat tubuh Anda sakit, tetapi lama kelamaan akan berdampak negatif pada otak Anda.

Peranan Hormon Pada Stres

Hormon Epinefrin (nama lain: Adrenalin) dan Norepinefrin adalah hormon stres yang diproduksi pada kondisi stres. Hormon-hormon ini bekerja di otak dan membantu dalam berpikir dan bergerak cepat dalam keadaan darurat. Jika ada  dalam situasi yang tepat, hormon-hormon ini  dapat menyelamatkan hidup Anda.

Namun kedua hormon ini tidak tinggal lama dalam tubuh kita, saat tidak dibutuhkan maka mereka akan menghilang dengan cepat.

Satu hormon lagi namanya adalah Kortisol, yang mengalir sepanjang hari dan akan menjadi sangat berbahaya apabila ada dalam kondisi stres yang terus menerus. Hormon ini adalah “musuh” bagi tubuh kita apabila ada dalam kondisi yang berlebihan, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan antara lain:

  • Kenaikan berat badan
  • Osteoporosis
  • Masalah pencernaan, naiknya asam lambung
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Gangguan menstruasi
  • Asma
  • Diabetes
  • Sakit Kepala dan pusing
  • Kelelahan yang kronis
  • Kanker
  • Penyakit jantung

Mengerikan bukan? Betul! Sangat mengerikan menyadari bahwa stres kronis dapat membunuh tubuh! Lalu apa yang harus kita lakukan? Sebagaimana artikel saya sebelumnya “The Power of Gratitude”, ini adalah lawan dari stres. Jangan biarkan stres menjadi kronis! Bersyukurlah, bergembiralah selalu maka stres akan jauh-jauh dari hidup Anda dan hidup lebih sehat tentunya.

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.