(Business Lounge Journal – Medicine)

Terlalu sibuk bekerja sampai tidak ada waktu untuk beranjak dari tempat duduk untuk sekedar pergi makan siang bersama teman kantor, selalu makan di tempat, dan hampir dapat dipastikan tidak dapat pulang tepat waktu, merupakan hal-hal yang perlu diwaspadai. Mungkin deadline telah mengubah pola hidup Anda. Hati-hati, Anda bisa menjadi terlalu stress lho.  Jika Anda tidak mengatur waktu untuk bersantai, maka kesehatan mental dan fisik Anda bisa terganggu.

Stresskah Anda?

Stress terjadi ketika Anda melihat bahwa tuntutan mengejar Anda, misalnya pekerjaan, target  bisnis, atau mungkin suatu hubungan dengan orang lain. Semua itu melebihi kemampuan Anda untuk mengatasinya. Kalau ada orang mengatakan stress menempa kita menjadi lebih kuat, maka itu benar bahwa beberapa stress dapat bermanfaat pada saat-saat tertentu, menghasilkan dorongan yang memotivasi dan energi untuk membantu kita melewati situasi tertentu. Bila melewatinya rasanya seperti lulus ujian.

Namun, sejumlah besar stress dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, kardiovaskular dan neuroendokrin, serta saraf pusat, dan dapat mengalami kondisi emosional yang parah. Bahkan bila berlarut-larut, maka stress dapat menjadi  kronis. Bila  tidak diobati dapat mengakibatkan kondisi kesehatan yang serius seperti gangguan kecemasan, tidak bisa tidur (insomnia), nyeri otot, tekanan darah tinggi, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penelitian menunjukkan bahwa stress dapat berkontribusi pada berkembangnya penyakit jantung, depresi, dan obesitas.

Langkah Mudah

Kalau begitu, bagaimana cara mengatasi stress harian Anda? Berikut ini adalah 3 langkah mudah untuk mengatasi stress.

1. Tarik napas dalam-dalam (deep breathing)

Membuang dan menarik napas dalam-dalam bisa dengan segera membuat kondisi Anda lebih nyaman. Anda akan terkejut setelah mendapatkan hasil yang sangat berdampak. Berikut ini adalah langkah menarik napas dalam-dalam:

  • Duduklah di posisi yang nyaman dengan tangan di pangkuan dan kaki di lantai. Atau pilihan lainnya adalah berbaringlah!
  • Tutuplah mata sejenak
  • Mulailah menikmati setiap tarikan napas Anda. Bayangkan diri Anda  sedang berada di tempat yang Anda rindukan untuk berlibur dan santai, misalnya pantai, padang rumput yang indah, atau di manapun yang memberi Anda perasaan damai.
  • Tarik napas pelan-pelan, santai tapi dalam-dalam dan buang lagi napas Anda
  • Lakukan ini selama 5 sampai 10 menit setiap kali Anda merasa stress.

2. Menyegarkan tubuh

Semua stress memicu ketegangan termasuk otot Anda menjadi tegang. Anda dapat merelaksasikannya sendiri dan menyegarkan tubuh Anda dengan cara berikut:

  • Peregangan
  • Massage/ menikmati pijatan
  • Mandi air panas atau shower
  • Tidur nyenyak

3. Olahraga

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk melemaskan tubuh dan pikiran Anda. Lagipula, olahraga bermanfaat untuk memperbaiki mood Anda.  Jadi, seberapa sering Anda harus berolahraga setiap minggu?

Berikut ini adalah frekuensi dan durasi berolahraga :

Minimal: 3 sampai 5 kali olahraga selama 30 menit
Cukup baik: 2 jam 30 menit latihan dengan intens, contohnya jalan cepat
Terbaik: 75 menit latihan berenang, joging, atau olahraga lain yang membuat detak jantung Anda naik

Fokuslah pada pengaturan kebugaran yang bisa Anda temui dan lakukan dengan senang, bukan dengan terpaksa. Bahkan jika tidak dapat mengatur waktu secara khusus, Anda bisa mengambil waktu pada pagi hari saat datang ke kantor, selesai makan siang berjalan bersama teman dari tempat makan sambil bercengkrama, dan sebagainya. Ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali berolahraga.

Jangan biarkan stress pelan-pelan membunuh Anda. Mari kita coba langkah di atas dan bersiaplah memiliki hidup yang lebih semangat!

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.