Digital Payment by WhatsApp

 

(Business Lounge Journal – News and Insight)

WhatsApp dikabarkan baru saja meluncurkan fitur terbarunya yang diberi nama Whatsapp Payments. Dengan fitur pembayaran digital, maka para pengguna layanan pesan singkat ini dapat melakukan transaksi pengiriman uang ke sesama pengguna Whatsapp. Wacana untuk menghadirkan fitur payment ini sebenarnya sudah dimulai sejak pertengahan tahun lalu dan akhirnya pada tanggal 11 Feb 2018 kemarin, pihak Whatsapp mengumumkan secara resmi peluncuran fitur baru ini dalam versi Beta. Untuk dapat menggunakan fitur ini, maka para pengguna harus terlebih dahulu mengikuti program beta dan menginstall versi terbaru Whatsapp untuk iOs ataupun Android.

Sebagai tahap awal, pihak Whatsapp memilih negara India untuk menguji coba fitur baru ini. Mengapa India yang dipilih? Hal ini sudah sewajarnya karena India adalah negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Menurut data yang ada, pengguna aktif Facebook di India sudah mencapai 200 juta jiwa. Selain faktor jumlah pengguna, dipilihnya India juga disebabkan karena telah terintegrasinya Unified Payment Interface (UPI) yang didukung berbagai bank yang ada di India seperti State Bank of India, ICIC Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank. Pihak Whatsapp telah mengantongi izin dari pemerintah India untuk mengintegrasikan UPI ke dalam layanan pesannya pada Juli tahun lalu. Dengan dipilihnya India, maka Whatsapp berpeluang besar menjadi penyedia layanan pembayaran person to person terkuat di India, mengingat jumlah penggunanya yang besar di India, dan murahnya harga smarphone dan biaya internet.

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia untuk versi mobile, untuk pengguna smartphone berbasis Android dan ios, tidak untuk WhatsApp versi Web, dan juga masih diujicobakan secara terbatas pada ratusan pengguna di India.

Untuk saat ini penggunaan Whatsapp Payments masih terbatas pada transaksi transfer uang antar penggunanya (peer-to-peer). Metode pembayaran ini memungkinkan seseorang untuk mengirim dan menerima uang melalui rekening bank mereka yang terkait dengan UPI. Dengan demikian proses pengiriman uang dapat berlangsung lebih cepat, tanpa harus memyimpan saldo di wallet. Kedepannya, direncanakan fitur ini akan bisa digunakan juga untuk transaksi pembayaran online dengan merchant (pihak ketiga).

Dengan fitur baru ini, sudah pasti semakin menambah nilai lebih dari Whatsapp, yang selama ini sudah memegang rekor sebagai layanan instant messenging terbesar di dunia. Diketahui pengguna Whatsapp di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 1,2 milliar jiwa. Whatsapp memang terkenal tidak pernah berhenti berinovasi dengan fitur-fitur barunya. Sebelumnya, akhir bulan lalu Whatsapp baru saja meluncurkan aplikasi WhatsApp Business, aplikasi yang
ditujukan sebagai sarana untuk berkomunikasi antara para pemilik usaha kecil dengan pelanggan mereka.

Rebecca Hayati/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.