(Business Lounge Journal – Operation Management) Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan sebuah perusahaan juga akan bergantung pada bagaimana tim operasional dapat mengelola semua aspek operasional pada perusahaannya. Tidak hanya berbicara kepada satu fungsi namun kepada banyak fungsi yang terdapat pada operasional perusahaan itu sendiri.

Sejak awal, perusahaan harus telah mengklasifikasikan kegiatan yang ada, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Termasuk bagi para start up yang telah memulai bisnisnya misalnya saja dengan memproduksi layanan laku jual. Selain mereka mengatur jalannya fungsi penjualan, akuntansi, serta fungsi-fungsi administratif, maka manajemen operasional menjadi bagian yang juga haruslah diperhatikan sehingga perusahaan dapat berfokus pada  fungsi penyediaan produk atau layanan.

Ada banyak hal yang menjadi tanggung jawab manajemen operasional:

– memastikan produksi barang dan / atau jasa yang berkualitas,

– memikirkan gagasan dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas

– memperhatikan biaya bahkan mengurangi biaya,

– meningkatkan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sering kali berubah dengan cepat,

– memastikan tempat kerja yang aman bagi semua karyawan,

– dan membantu dalam menjamin layanan pelanggan yang berkualitas tinggi.

Beberapa Issue dalam operasional

Untuk menghadapi peluang dan tantangan yang muncul, maka perusahaan perlu mengembangkan rencana dan strategi untuk menjalankan operasionalnya. Sangat penting untuk memiliki sebuah sistem yang mampu menghasilkan layanan dan barang berkualitas dalam jumlah yang diminta dan dalam kerangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban bisnis. Oleh karena itu ada empat hal penting yang harus dilakukan adalah:

  1. Merancang sebuah sistem.
  2. Melakukan implementasi
  3. Perencanaan dan prediksi
  4. Mengelola sistem

Bagaimana keempat hal ini dapat memberikan kontribusi terhadap keberhasilan perusahaan, maka penting untuk memahami sifat operasional yang strategis, sifat operasional yang bernilai tambah, dampak teknologi terhadap kinerja, dan pasar yang kompetitif secara global.

Operasional organisasi yang efisien merupakan alat vital dalam mencapai keunggulan dalam kompetisi tiap-tiap hari untuk mendapatkan pelanggan. Faktor apa saja yang akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian? Untuk sebagian besar layanan dan barang, maka harga, kualitas, keunggulan dan fitur produk, variasi produk, dan ketersediaan produk menjadi hal-hal yang sangat penting. Semua faktor ini sangat dipengaruhi oleh tindakan yang dilakukan dalam operasional. Misalnya, ketika produktivitas meningkat, biaya produk menurun, dan harga produk dapat dikurangi. Demikian pula, karena metode produksi yang lebih baik dikembangkan, maka kualitas, dan variasi dapat meningkat.

Dengan menghubungkan strategi operasional dengan strategi keseluruhan yang dimiliki perusahaan (termasuk engineering, keuangan, pemasaran, dan strategi sistem informasi) maka sebuah sinergi pun dapat dihasilkan. Operasional menjadi faktor positif ketika fasilitas, peralatan, dan pelatihan karyawan dipandang sebagai sarana untuk mencapai tujuan perusahaan, dan bukan sebagai tujuan divisi operasional yang tentunya memiliki fokus yang lebih sempit.

Sebagai pengakuan terhadap sudut pandang yang berkembang ini, maka kriteria untuk menilai operasional berubah dari pengendalian biaya (semula ini menjadi tujuan operasional yang didefinisikan secara sempit) menjadi pengukuran kinerja global pada bidang-bidang seperti kinerja dan variasi produk, kualitas produk, waktu pengiriman, layanan pelanggan, dan fleksibilitas operasional.

Dalam lingkungan bisnis dewasa ini, komponen kunci dari fleksibilitas operasional di banyak industri adalah pengetahuan teknologi. Kemajuan teknologi memungkinkan pengembangan produk lebih baik dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Seiring teknologi secara mendasar mengubah suatu produk, kinerjanya dan kualitasnya sering meningkat secara dramatis, menjadikannya komoditas bernilai lebih tinggi di pasar. Namun, pertumbuhan aplikasi bisnis berteknologi tinggi telah menciptakan pesaing baru juga, sehingga penting bagi bisnis untuk mencoba mendaftarkan keuntungan pada semua bidang di manajemen operasional.

Seiring waktu, manajemen operasional telah berkembang dalam lingkup dan menjadi semakin penting. Saat ini, manajemen operasional memiliki unsur-unsur yang strategis, bergantung pada konsep perilaku dan teknik, dan menggunakan alat dan teknik penelitian sains / manejemen operasional untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang sistematis. Sebagaimana manajemen operasional yang terus berkembang dan akan semakin berinteraksi dengan fungsional lainnya dalam perusahaan, maka terciptalah jawaban terpadu terhadap masalah interdisipliner yang kompleks. Memang, interaksi semacam itu secara luas dianggap penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang untuk perusahaan bisnis kecil dan perusahaan multinasional.

Citra/VMN/BLJ/Contributor

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.