Bebas Pikun di Hari Tua

(Business Lounge Journal – Medicine) Pernahkah mendengar bahwa semakin tua semakin pikun? Bahkan sepertinya tidak bisa menghindar dari pikun? Benarkah hal ini? Jika benar, maka kita semua nampaknya tidak akan bisa lagi menikmati hidup sampai tua karena sudah tidak ingat apa-apa lagi. Bayangkan Anda harus dituntun jika mau kemana-mana dan tidak bisa bergerak bebas pergi sendiri karena pasti tersasar dan tidak tahu jalan pulang. Semua ingatan Anda hilang seperti orang yang amnesia.

Belum lama ini saya bertemu beberapa orang di Amerika yang usianya sudah diatas 70 tahun. Ada yang 81 tahun, 78 tahun, 77 tahun, dan sebagainya. Mereka sangat membuat saya surprise. Tidak seperti nenek dan kakek di Indonesia, mereka sangat aktif, memasak, berkebun, bekerja apapun yang mereka bisa kerjakan dan bahkan masih menyetir mobil sendiri. Bukan hanya 1 atau 2 orang, tetapi rata-rata lansia memiliki kehidupan yang seperti ini. Bahkan para pramugari dan pramugara pesawat-pesawat domestik seperti American Airlines, United Airlines adalah nenek dan kakek usia 60 tahunan. Wow…luarbiasa bukan? Benar-benar takjub membayangkan kondisi yang berbeda dibandingkan mayoritas orang-orang di Indonesia nyaris tidak berfungsi ketika semakin tua.

Sebenarnya di Indonesia pun masih ada orang-orang tua yang hebat. Dosen saya berusia 80 tahun masih berkeliling-keliling untuk mengajar.  Tapi berapa banyak? Mayoritas dianggap tidak berguna lagi saat menjadi tua, ditaruh di Panti Jompo dan bahkan kebanyakan juga menjadi pikun.

Pikun dikenal juga dengan Dementia. Dementia adalah satu gejala syndrom Alzheimer yang membuat seseorang tidak bisa lagi berfungsi normal karena terjadi penyusutan massa otaknya. Terjadi kematian sel-sel otak. Pada jaman sekarang, Alzheimer bahkan bisa terjadi di usia yang lebih muda karena pengaruh pola hidup dan pola makan.

Bagaimana cara mencegah pikun? Pikun bisa dicegah dengan membuat otak Anda aktif selalu dalam berpikir. Berikut ini adalah tipsnya:

Berpikir

Berpikir merupakan kegiatan utama otak yang dapat membuat otak tetap dalam kondisi yang prima. Berpikir merupakan hal yang seringkali disadari atau tidak disadari selalu dilakukan mulai dari bangun pagi. Jadi mulailah pagi dengan berpikir. Ketika Anda bangun, maka otak Anda sudah langsung berpikir mau buat apa hari ini, mau masak apa, mau ke mana dan sebagainya. Otak tidak pernah berhenti berpikir bahkan berpikir siang dan malam.

Mencari ide-ide kreatif

Otak yang diisi dengan pikiran-pikiran kreatif dan dilatih memorinya untuk mengingat segala sesuatu dengan baik akan tetap sehat dan tidak mengalami kematian sel.

Belajar hal-hal baru

Memori yang terdapat di area Hippocampus selalu siap untuk ditambah dengan hal-hal baru. Kitalah yang bertanggung jawab mengembangkan area ini. Proses belajar hal-hal baru akan sangat mengaktifkan Hippocampus Anda.

Punya rasa ingin tahu yang tinggi

Rasa ingin tahu akan membuat otak Anda terus mencari jawaban atas keingintahuan Anda dan mau tidak mau proses pembelajaran otak akan berjalan alami untuk menampung pengetahuan-pengetahuan baru.

Dengan keempat hal ini semoga dapat menghindarkan kita dari kepikunan dan membuat otak tetap sehat aktif.

Selamat meningkatkan kualitas otak Anda!

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Head of Management & Soft Skill Development.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.