Teknologi vs SDM

(Business Lounge Journal – Human Resources) Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia artinya mempermudah untuk menjalani hidup. Namun perkembangan teknologi ini juga akan memberikan dampak negatif bagi manusia itu sendiri.

Perkembangan teknologi di era globalisasi ini akan membuat tenaga kerja akan kehilangan pekerjaannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat telah membuat pekerjaan manusia semakin efisien. Hal ini berdampak pada berkurangnya jumlah tenaga kerja. Misalnya jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar sekarang sudah dapat diganti dengan mesin-mesin otomatis.

Ya, sistem kerja robotik telah mengalih fungsikan tenaga otot manusia dengan mengunakan mesin–mesin. Begitu juga dengan ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah–olah sudah dapat menggeser kemampuan otak manusia. Jadi kemajuan teknologi yang dicapai saat ini benar-benar telah dirasakan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia.

Akibatnya potensi downsizing perusahaan meningkat sehingga menyebabkan bertambahnya pengangguran. Oleh karena itu, untuk menyiasati hal ini diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi. Untuk memperoleh kemampuan ini maka dilakukan dengan proses pendidikan. Hal ini adalah wujud kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam  proses penggunaan perangkat- perangkat teknologi yang canggih ini.

Di samping itu pembelajaran juga digunakan dengan berbasis internet. Dengan demikian, berpikir kreatif serta penguasaan skill akan menjadi kunci yang memenangkan persaingan saat ini dan mendatang. Kursus dan training akan menjadi nilai lebih seseorang memasuki dunia kerja.

Jadi dengan adanya teknologi yang maju ini akan memberi dampak pada penggunanya baik dampak positif maupun negatif. Jika kita cerdas untuk menyingkapinya kemajuan teknologi saat ini maka dampaknya akan baik yang kita rasakan tetapi kalau kita kurang cerdas untuk menyingkapinya maka pengaruh yang ditimbulkannya akan menjadi tidak baik.

Sebenarnya dengan teknologi yang maju akan meringankan pekerjaan manusia dan manusia itu akan tertolong sehingga pruduktivitas akan meningkat. Tetapi kalau manusianya tidak dapat dengan cerdas menyingkapi, memanfaatkan dan menggunakan teknologi yang canggih itu maka manusianya tidak akan dipekerjakan. Akibatnya maka perusahaan–perusahaan akan mengadakan perampingan yang  akibatnya akan  terjadi banyak pengangguran.

Untuk mengatasi pengangguran ini maka manusianya haruslah memiliki jam produktif danpara pekerja memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab.

Juga diterapkan pendidikan yang baik dan merata. Rata-rata negara maju mewajibkan pendidikan bagi semua masyarakat . selain mewajibkan juga pemerintahan mendukung dengan memberikan fasilitas yang memadai.

Mindo Sianipar/VMN/BL/Head of VEPS and PBA

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.