Kiat Manajemen Bisnis yang Baik Akan Memaksimalkan Keuntungan

 

(Businesslounge Journal – General Management) Pengertian Manajemen Bisnis adalah proses yang dilakukan untuk mengelola baik itu tenaga kerjanya, waktu, dan uang untuk mendapatkan keuntungan atau kepuasan yang maksimal.

Karena proses bisnis untuk  masing-masing bidang memiliki keunikan dan kompleksitas yang berbeda, maka dibutuhkan pengelolaan yang memadai agar dapat berjalan dengan mulus.

Sebagaimana George R. Terry berpendapat bahwa manajemen adalah tindakan – tindakan yang dilakukan menyangkut perencanaan , pengorganisasian dan pengawasan yang bekerja bersama dan  dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

Melihat pengertian di atas, maka dapat dikatakan bahwa manajemen adalah seni yang dilakukan untuk mengatur baik manusia dan perangkat lain agar dapat berjalan dan bekerja sesuai dengan ketentuan dan tujuan akhir perusahaan yaitu keuntungan  sebagaimana yang dikatakan oleh George Terry.

Dengan demikian, Manjemen Bisnis adalah pengelolaan dari sumber sumber daya manusia, sumber modal dan uang yang dikerjakan sesama bersama -sama  Penyusunan sistem untuk pengaturan sebuah manajemen yang baik diperlukan perencanaan yang matang. Faktor internal dan eksternal patut menjadi bahan pertimbangan penentuan akhir dari keputusan. Tentukan target atau pencapaian yang harus diraih dan sesuaikan dengan kapasitas perusahaan.

Dalam menjalankan manajemen bisnis maka semua perangkat yang ada baik itu sumber daya manusia, modal dan uang harus saling mendukung dan dikerjakan secara profesional demi  menghasilkan tujuan bisnis yang diinginkan. Manajemen bisnis dibutuhkan dalam rangka tercapainya sebuah tujuan sebuah usaha bisnis baik dari aspek profit maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh pihak pengelola bisnis.

Sebuah usaha tidak dilakukan secara sembarangan tetapi mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan atas perangkat yang dipakai dalam bisnis untuk mencapai target-target yang diinginkan serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan sebuah resiko usaha bisnis.

Manajemen bisnis terdiri dari beberapa komponen yang akan menentukan laju roda bisnis Anda dan memenuhi target yang ditentukan. Lalu komponen apa saja yang ada di dalam manajemen bisnis

1. MANAJEMEN KEUANGAN

Manajemen keuangan yang baik sangat dibutuhkan dalam sebuah pengelolaan bisnis. Hal ini karena berkaitan dengan alur keluar masuknya uang dalam bisnis. Dalam manajemen keuangan ini artinya sirkulasi keuangan dikelola dengan baik, misal dengan dilakukannya perencanaan, penganggaran, pemeriksanan, pengendalian, pencarian, dan penyimpanan dana. Melalui manajemen keuangan ini, maka anggaran bisnis dapat dikelola dan digunakan menurut kebutuhan. Tanpa adanya manajemen keuangan, maka data anggaran akan nihil. Sehingga akan berdampak pada ketidakjelasan data keuangan yang akan mempengaruhi jalannya bisnis. Bisnis Anda akan kehilangan arah karena tidak diketahui untung dan ruginya.

2. MANAJEMEN PRODUKSI

Selanjutnya beralih ke manajemen produksi yang berperan mengatur ketersediaan bahan baku, tahap pemrosesan hingga menjadi produk siap jual. Prediksi waktu yang tepat dapat membuat proses berjalan lancar. Semua unsur harus aktif dan saling mendukung untuk menciptakan kondisi ini. Pasokan bahan baku harus ada dalam jumlah yang pas, tidak kurang atau lebih. Penyimpanan di waktu yang lama dapat menurunkan kualitas bahan.

Produk yang siap dijual adalah hasil yang diperoleh melalui produksi Design  akhir dari suatu produk ditentukan  oleh manajemen produksi.

3. MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran harus bisa membaca situasi pasar. Gencarkan produksi ketika permintaan meningkat. Melihat situasi pasar dimana permintaanya meningkat maka produksi harus ditambah , jikalau diperlukan lembur maka akan dilakukan lembur dan  barang sesegara m

Seorang manager pemasaran menjalankan tugas sebagai penentu target produksi dan pangsa pasar.

4. MANAJEMEN DISTRIBUSI

Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Manajemen distribusi akan mengalami hambatan yang juga akan berdampak pada terganggunya marketing, walaupun pemasaran telah berjalan dengan baik. Proses penyaluran barang- barang hasil produksi dapat segera sampai pada para konsumen melalui kerja keras manajemen distribusi.

5. MANAJEMEN SDM

Manajemen sumber daya manusia dikaitkan dengan ketersediaan dan penilaian kinerja karyawan. Manajemen SDM ini akan membantu Anda dalam menentukan standar ketrampilan atau pengalaman pegawai yang dibutuhkan, pengaturan upah karyawan, serta memberikan kejelasan hak dan kewajiban karyawan.

Setiap bisnis, baik berskala kecil atau menengah pastinya membutuhkan manajemen bisnis yang baik. Komponen–komponen di atas harus dipersiapkan dengan matang untuk memastikan semua proses yang ada dapat berjalan lancar. Gangguan pada satu komponen akan mempengaruhi komponen yang lainnya.

Pemikiran ini tidak dapat dilakukan secara instan karena manajemen bisnis yang baik membutuhkan perencanaan, uji coba dan evaluasi. Serangkaian kegiatan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan secara berkesinambungan.

Dalam prakteknya, manajemen ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan khususnya dalam bidang produksi untuk menghindari bahaya kerugian. Dengan menajemen yang baik, diharapkam keuntungan yang didapat pun semakin besar. Banyak pelaku bisnis yang telah sukses dengan menjalankan manajemen bisnis yangbisa saja memberikan inspirasi pada Anda.

Mengapa perlu menjalankan manajemen bisnis?

Berikut beberapa alasan pentingnya menjalankan manajemen usaha, yaitu:

1. Menghindari resiko kerugian

Perusahaan harus selalu berkembang ke arah kemajuan teknologi. Selain itu, berkembangnya perusahaan haruslah sesuai dengan permintaan pasar yang semakin berkembang. Hal ini tidak dapat dicapai tanpa manajemen yang baik. Perusahaan yang tidak melakukan pengembangan dan seolah jalan di tempat, tidak akan bertahan di tengah persaingan ekonomi yang ketat sehingga resiko kerugian pun akan didapat. Maka dari itu, Anda perlu mengantisipasinya dengan pengelolaan manajemen perusahaan yang baik.

2. Mengikuti tuntutan karyawan

Kebutuhan pangan, sandang, dan papan akan lebih komplek di masa depan. Apalagi dengan harga yang semakin meningkat sehingga mengharuskan Anda memenuhi kebutuhan mereka. Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi dengan baik, mereka bisa menuntut atau bahkan meninggalkan perusahaan untuk bekerja di tempat lain dengan gaji yang lebih tinggi. Dalam hal ini diperlukan manajemen untuk memperbesar keuntungan perusahaan dan kesejahteraan karyawan pun selalu terjamin.

3. Memenangkan persaingan bisnis

Pada saat kita memulai bisnis maka kita memiliki keinginan untuk memenangkan persaingan dengan pebisnis lainnya .  Hal ini hanya bisa didapat jika Anda melakukan manajemen dengan baik. Bilamana Anda memenangkan persaingan bisnis pada lini yang sama, maka peluang untuk menembus pasar internasional pun akan lebih luas karena produk anda yang terunggul di negeri sendiri.

Pengembangan bisnis dapat dicapai dengan melakukan manajemen bisnis yang baik dan sehat.  Bila sejak awal Anda menerapkan manajemen bisnis yang baik maka  Anda akan selangkah lebih maju dari pesaing. Menjalankan manajemen juga akan menambah wawasan Anda sehingga Anda lebih terbuka. Perusahaan yang menerapkan manajemen bisnis  dan paham akan teknologi baru. akan  selangkah lebih maju menghadapi tantangan zaman.

Mindo Sianipar/VMN/BL/Head of VEPS and PBA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.