Kreatif untuk Mulai Berbisnis

(Business Lounge Journal – General Management) Menemukan para karyawan yang mulai berupaya merintis usaha bukanlah lagi menjadi sesuatu yang langka. Tidak semata-mata masalah penghasilan tambahan, tetapi menjadi sebuah kesempatan untuk keluar dari rutinitas. Namun demikian, tetap saja membutuhkan pemikiran yang serius dalam memulai usaha, sebab menjalankan usaha tanpa visi yang jelas bagaikan berlayar tanpa tujuan, akibatnya hanya membuang waktu dan uang belaka.

Salah satu hal yang penting dalam memulai sebuah usaha serta menjalankannya adalah bagaimana dapat berpikir kreatif untuk terus melangsungkan bisnis Anda. Namun sebelum memutuskan untuk terjun berwirausaha, ada beberapa langkah yang perlu untuk Anda pahami terlebih dahulu.

Fokus pada satu peluang bisnis

Sudah tentu ada banyak peluang yang dapat diambil, tetapi Anda harus bisa memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Lebih baik memilih satu peluang, agar Anda lebih dapat mencurahkan ide Anda dan fokus pada bisnis yang anda jalankan.

Kuasai bisnis yang Anda jalankan ini secara rinci

Jadi Anda benar-benar menguasai segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan agar bank atau investor yakin untuk menaruh uangnya pada bisnis Anda .

Motivasi

Selain memiliki motivasi untuk memperoleh penghasilan tambahan, maka milikilah juga motivasi lainnya yang tidak hanya berorientasi pada uang, tetapi pada minat dan bakat. Kalau Anda memiliki yang kuat, maka dapat dipastikan bahwa Anda akan tahan banting dalam menjalankan bisnis. Biasanya bisnis yang dijalankan dengan motivasi yang kuat, akan menjadikan kesuksesan sebagai perkara yang tidak sulit untuk dicapai.

Manfaat teknologi

Twitter, blog, dan berbagai  jejaring sosial lainnya  merupakan cara yang paling mudah untuk membangun bisnis. Lokasi bukanlah merupakan satu halangan untuk menjual poduk usaha Anda. Anda bisa membuat sebuah website di kota asal Anda dan menjual produk Anda keseluruh dunia. Dalam menjual produk, networking telah menjadi kuncinya. Lakukan promosi secara optimal .

Rekrut karyawan dengan baik

Untuk menjalankan usaha, maka Anda akan melakukan proses rekrutmen dengan hati-hati dan dengan tidak tergesa-gesa. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bahkan janganlah Anda mau memulai sebuah usaha yang justru sangat disayangkan akaAn menghalangi meraih visi tersebuat.

Hadapi dan belajar dari kegagalan

Tidak ada usaha yang selalu berjalan lancar. Tetapi yang diperlukan adalah jangan menyerah atau putus harapan, melainkan milikilah kemauan untuk Anda dapat terus berjuang. Seorang pengusaha yang ingin sukses akan menjadikan kegagalan sebagai guru yang terbaik dimana Anda akan belajar lebih baik. Jangan pernah takut gagal karena selalu ada cara bangkit dari kegagalan usaha.

Asnita/VMN/BL/Journalist
Editor: Mindo Sianipar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.