Menulis sebagai Salah Satu Cara Lakukan Brainstorming

(Business Lounge Journal – General Management) Seperti telah dituliskan sebelumnya bahwa brainstorming dapat dilakukan dengan langkah-langkah, sebagai berikut:

  • Warm up
  • Stand in someone’s shoes.
  • Menciptakan tantangan.
  • Make a mind map.
  • Kelompokkan ide Anda.

Namun, selain kelima hal di atas, menulis adalah sebuah cara yang sangat ampuh untuk mengembangkan wawasan dan membiasakan diri Anda untuk berpikir. Hal ini tentu saja tidak mudah bagi mereka yang memang tidak terbiasa untuk menulis. Namun bukan berarti tidak dapat dilakukan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk menulis sebuah tulisan ilmiah, review sebuah buku, atau hal-hal lainnya yang kelihatannya begitu berat. Tidak! Hal ini juga berlaku dalam membuat sebuah tulisan yang paling sederhana sekali pun.

Tahukah Anda bahwa menuliskan sebuah sajak saja, Anda harus membuka pemikiran Anda yang kemudian akan memancing keluarnya ide-ide yang tidak Anda sadari sebelumnya. Cobalah dengan mulai menulis bebas. Apa saja yang terlintas di dalam benak Anda, maka tuliskanlah itu. Hal ini dapat membuka pikiran Anda dengan sekejap. Tetapi tentu saja akan sangat berbeda dengan membuat sebuah tulisan yang memang Anda persiapkan sebelumnya.

Salah satunya dengan memiliki kesempatan untuk ada di tengah-tengah perbincangan dan diskusi yang akan memperkaya pemikiran Anda. Ini tidak hanya berbicara mengenai kumpulan mereka yang sedang berbincang secara offline, tetapi juga secara online dalam forum-forum yang ada di dunia maya. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk rajin membaca. Ketika proses membaca itu Anda lakukan, segala pemikiran dapat muncul di dalam benak Anda. Tuliskanlah itu sebagai kumpulan ide tulisan Anda. Ketika Anda akan mulai menuangkannya dalam sebuah tulisan, maka secara otomatis Anda pun akan mencari lagi beberapa sumber bacaan untuk melengkapi tulisan Anda.

Manfaatkan berbagai buku dan majalah. Tahukah Anda, bahwa melalui sebuah buku di tangan Anda, Anda dapat menghasilkan puluhan bahkan lebih tulisan. Belum lagi majalah-majalah yang sering kali memuat liputan-liputan menarik namun karena keterbatasan halaman tidak dapat terlalu dalam memaparkannya. Nah, kesempatan bagi Anda untuk melakukan riset kecil dan menuliskannya.

Cara lainnya lagi yang dapat Anda lakukan adalah dengan melemparkan pertanyaan terbuka kepada forum atau group yang Anda miliki. Tulisan apa kira-kira yang menarik yang diinginkan oleh seluruh member. Nah, terbayangkan kan jika seluruh anggota kemudian menuliskan hal-hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lagi. Saya yakin, Anda akan kehabisan waktu untuk terus melakukan eksplorasi serta rasa keingintahuan yang selalu ingin Anda puaskan.

Coba saja untuk menulis, maka Anda akan membuka pikiran Anda dan menghasilkan ide-de yang kreatif.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.