Menjadikan Posisi Merek yang Kuat di Pasar (2)

(Business Lounge Journal – Marketing and Service)

Saya telah membahas mengenai bagaimana menjadikan posisi merek yang kuat di pasar (Baca: Menjadikan Posisi Merek yang Kuat di Pasar (1)). Namun selain Positioning Statement yang sangat menentukan, penting bagi Anda untuk juga memperhatikan brand positioning.

Tagline- Brand Positioning

Setelah Anda memiliki pernyataan positioning merek yang kuat, Anda dapat membuat tagline atau slogan yang akan membantu merek Anda tetap pada posisi yang Anda inginkan. Berikut adalah 15 contoh dari tagline:

– Mercedes-Benz: Engineered like no other car in the world
– BMW: The ultimate driving machine
– Southwest Airlines: The short-haul, no-frills, and low-priced airline
– Avis: We are only Number 2, but we try harder
– Wharton Business School: The only business school that trains managers who are global, cross-functional, good leaders, and leveraged by technology
– Famous Footwear: The value shoe store for families
– Miller Lite: The only beer with superior taste and low caloric content
– State Farm: Like a good neighbor, State Farm is there.
– L’Oreal: Because you’re worth it.
– Walmart: Always low prices. Always.
– Nike: Just do it
– Coca-Cola: The real thing
– Target: Expect more. Pay less.
– Volvo: For life.
– Home Depot: You can do it. We can help.

15 kriteria untuk mengevaluasi strategi positioning merek Anda

Pernyataan posisi yang cerdas dan dibuat dengan baik merupakan alat yang ampuh untuk menjadikan strategi pemasaran Anda menjadi lebih jelas dan lebih fokus, berfungsi sebagai kampanye iklan dari merek Anda, dan juga adalah taktik promosi Anda yang ampuh. Jika digunakan dengan benar, pernyataan ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang efektif untuk membedakan merek Anda dari merek yang lain, menarik target pelanggan Anda, dan memenangkan pangsa pasar dari pesaing Anda.

Berikut adalah 15 kriteria untuk memeriksa posisi merek Anda:

– Apakah itu membedakan merek Anda daripada merek yang lain?
– Apakah itu sesuai dengan persepsi pelanggan terhadap merek Anda?
– Apakah itu memungkinkan pertumbuhan?
– Apakah ini mengidentifikasi nilai unik merek Anda bagi pelanggan Anda?
– Apakah itu menghasilkan gambaran yang jelas dalam pikiran Anda yang berbeda dari pesaing Anda?
– Apakah fokus pada pelanggan inti Anda?
– Apakah itu mudah diingat dan memotivasi?
– Apakah konsisten di semua bidang bisnis Anda?
– Apakah mudah dimengerti?
– Apakah sulit untuk disalin?
– Apakah itu diposisikan untuk kesuksesan jangka panjang?
– Apakah janji merek Anda bisa dipercaya dan kredibel?
– Bisakah merek Anda memilikinya?
– Apakah akan menahan serangan balasan dari pesaing Anda?
– Akankah ini membantu Anda membuat keputusan pemasaran dan branding yang lebih efektif?

Reposisi dari posisi merek

Kenyataan yang harus dihadapi adalah bahwa tidak ada pemasar yang memiliki kekuatan untuk memposisikan apapun dalam pikiran pelanggan, padahal ini sangat penting dalam menentukan suatu posisi. Tidak ada posisi yang bisa diciptakan oleh pemasar. Setiap pelanggan memiliki gagasan atau ide sendiri tentang produk Anda.

Positioning bukanlah sesuatu yang Anda lakukan, melainkan merupakan hasil persepsi pelanggan Anda terhadap apa yang Anda lakukan. Positioning bukanlah sesuatu yang bisa kita ciptakan dalam ruang hampa – tindakan positioning adalah pengalaman yang diciptakan oleh pelanggan itu sendiri.

Di balik pernyataan posisi atau tagline Anda terdapat niat Anda, yaitu bagaimana Anda menginginkan bisnis Anda terwakili kepada pelanggan. Begitu peran sebenarnya dari posisi telah dipahami, maka memiliki tagline atau pernyataan posisi dapat berguna dengan mengklarifikasi esensi merek Anda di dalam organisasi Anda.

Dengan memeriksa esensi dari  Anda dan membandingkannya dengan apa yang diinginkan pelanggan Anda, maka pintu terbuka untuk membangun bisnis dengan posisi yang kuat di dalam pikiran pelanggan. Mengapa? Merek yang hebat menggabungkan hasrat mereka dengan posisi mereka menjadi satu pernyataan yang menangkap esensi keduanya.

Mengintegrasikan posisi merek pada pikiran pelanggan Anda

Untuk memposisikan merek Anda pada benak pelanggan Anda, Anda harus mulai dari bisnis Anda. Setiap anggota organisasi Anda yang menyentuh pelanggan harus menjadi ekspresi sempurna dari posisi Anda. Oleh karena semua orang menyentuh pelanggan dengan cara tertentu, setiap orang harus menjadi ekspresi terbaik dari posisi Anda.

Sekarang bagian yang sulit adalah untuk memasang semua yang mewakili merek Anda di dinding. Cantumkan semua touch point merek Anda atau setiap titik interaksi dengan pelanggan Anda. Dengan mata kritis, namun intuitif, tanyakan:

– Bagaimana saya bisa lebih lancar mengkomunikasikan posisi yang diinginkan merek saya?
– Apakah setiap titik sentuh sudah memperlihatkan merek seperti yang ingin dilihat dan dirasakan pelanggan saya?

Banyak pemasar tidak memiliki kejelasan dan keyakinan untuk menindaklanjuti kata-kata mereka. Tanpa kepastian, status Anda menjadi tidak jelas. Mengubah semua yang Anda lakukan menjadi ekspresi posisi yang Anda inginkan dan menciptakan sesuatu yang istimewa,  membutuhkan keberanian. Untuk secara aktif memposisikan merek Anda berarti Anda harus melakukannya dengan konsisten. Hal itu tercapai manakala merek Anda telah benar-benar ada di dalam pikiran pelanggan Anda.

Endah Caratri/MP Financial, Accounting & Tax Services Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group/VMN/BL

Leave a Reply

Your email address will not be published.