Pemimpin yang Visioner

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Tidak mudah untuk mendapatkan pemimpin yang benar-benar ideal, apalagi setiap orang memiliki kriterianya masing-masing mengenai pemimpin yang seperti apa yang mereka inginkan untuk menjadi pemimpin mereka. Lalu bagaimana jika Anda ada pada posisi pemimpin tersebut. Ya, Anda akan diperhadapkan pada banyaknya tuntutan untuk menjadi pemimpin yang sesuai dengan pikiran banyak orang. Namun demikian, penting untuk memiliki hal-hal dasar sehingga dapat dipastikan bahwa paling tidak Anda dapat meng-upgrade diri Anda sebagai seorang pemimpin.

Memiliki visi

Banyak kegagalan yang dialami seorang pemimpin sebab tidak memiliki visi yang tepat. Jika demikian apakah yang menjadi arah bagi Anda untuk dapat membawa tim Anda. Ya, visi akan menentukan ke mana Anda dan tim akan bergerak. Sebab sering kali keluhan datang oleh karena anggota tim tidak mengetahui ke mana mereka akan bergerak. Berdasarkan pengalaman saya, sering kali mereka yang memutuskan untuk meninggalkan kelompoknya oleh karena adanya ketidakpuasan sebab tidak mengetahui visi sang pemimpin.

Karena itu, milikilah sebuah visi dan terjemahkanlah dengan menggunakan kata-kata yang mudah diingat dan dipahami. Sehingga ketika itu diperdengarkan kepada semua anggota tim, maka tanpa banyak pertanyaan, seluruh anggota paling tidak telah mengetahui ke mana mereka akan bergerak.

Be clear

Sangat penting untuk menjadi jelas. Sesuatu yang jelas akan memberikan pemahaman dan yang kemudian akan membawa para anggota untuk melakukan hal yang sama. Para anggota akan memiliki kepercayaan, saat mereka tahu persis apa yang dilakukan pemimpin mereka dan juga apa yang sedang mereka kerjakan. Dengan dapat memberikan panduan yang jelas termasuk adanya visi yang jelas, akan membantu pemimpin dapat menjalankan kepemimpinannya.

Komunikasikan “the why”

Jangan lakukan apa pun atau meminta orang melakukan apapun tanpa Anda memberikan penjelasan mengapa hal itu harus dilakukan. Jangan pula merasa bahwa orang pasti akan memahami tanpa Anda menjelaskan mengapa demikian.

Pahamilah mengapa Anda harus melakukan setiap tindakan yang akan Anda ambil dan kemudian berikan penjelasan yang tepat kepada seluruh anggota tim hingga menimbulkan sebuah pemahaman yang tepat.

Lakukan berulang-ulang

Anda tidak akan dapat berharap hanya dengan mengkomunikasikannya dalam sebuah kesempatan maka hal tersebut akan langsung dipahami oleh semua orang. Tidak! Anda harus melakukannya secara berulang-ulang. Kesalahan berikutnya yang sering kali dilakukan oleh para pemimpin adalah bagaimana visi yang dimilikinya tidak tertanam dengan benar sehingga dengan mudah dilupakan.

Perkatakanlah apa yang menjadi visi Anda dalam setiap kesempatan. Tidak hanya dalam pertemuan skala bersar, tetapi juga kepada individu demi individu. Pastikan bahwa Anda akan selalu melakukannya tiap-tiap hari.

Berikan penghargaan

Buatlah analisa secara periodik bagaimana anggota tim dapat memahami visi dan bagaimana mereka mendasari semua keputusan dan langkah-langkah yang diambil berdasarkan visi yang ada. Hargailah setiap perkembangan yang ada, jangan pernah mengabaikan setiap kemajuan walau dalam bentuk sekecil apa pun. Berikanlah contoh kepada seluruh tim mengenai hal-hal apa saja yang sudah dicapai dan apa yang menjadi harapan Anda berikutnya.

Dengan demikian visi akan menjadi sesuatu yang menentukan arah ke mana kelompok ini akan bergerak.

Dapatkah visi berubah?

Dapat! Bilamana di dalam perjalanan Anda merasa perlu untuk melakukan penyesuaian pada visi Anda, maka lakukanlah serta ulangi kembali setiap langkah demi langkah sehingga semua dapat memahaminya.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

Leave a Reply

Your email address will not be published.