Gartner Research: CEO Dunia Beralih Pada Digital Business

Digital Business

(Business Lounge Journal – General Management)

Pada April 2017, Gartner menerbitkan CEO and Senior Business Executive Survey, sebuah survei yang dilakukan pada C-level business executive mengenai apa yang menjadi prioritas, perhatian, dan sikap mereka kepada teknologi. Survei tahunan ini melibatkan 388 responden yang 50 persen berasal dari perusahaan dengan penghasilan di atas 1 milyar dolar Amerika. Survei dilakukan melalui telepon, secara online, dan juga melalui media cetak selama kuartal 4 tahun 2016, untuk pandangan mereka ke tahun 2017 dan 2018.

Hasil  survei ini menyebutkan bahwa prioritas pertama para CEO di tahun 2017 adalah growth dan hal ini sudah meningkat sejak tahun lalu. Tahun ini dan tahun 2018 mereka lebih mengejar pertumbuhan keuntungan daripada pertumbuhan pendapatan. Sejumlah 58 persen responden memilih growth, khususnya pada keuntungan untuk menjadi prioritas para CEO ini. Prioritas kedua sesudah pertumbuhan adalah teknologi yang sekarang menjadi faktor eksternal penting yang mempengaruhi strategi bisnis.

Bagan 1 Prioritas CEO Tahun 2017-2018

CEO juga memiliki pemahaman yang lebih baik pada digital business, mereka mampu menggambarkannya sekalipun beberapa masih ketinggalan. Sejumlah 42 persen responden mengatakan bahwa digital first or digital to the core sebagai postur bisnis mereka ke depan.

Bagan 2 Sikap CEO Terhadap Digital Business

Gartner - Bagan 2 Sikap CEO Terhadap Digital Business

Namun sebagian CEO belum memiliki ukuran yang jelas terhadap digital business. Menurut hasil survei Gartner ini, CEO dengan industri yang sifatnya asset intensive adalah kelompok yang paling lambat bergerak ke digital business, mereka melakukan bisnis seperti biasanya, business as usual.

Bagan 3 Sikap CEO Terhadap Digital Business

Gartner - Bagan 3 Sikap CEO Terhadap Digital Business

Gartner juga menemukan sepertiga dari CEO sudah dengan signifikan melakukan revisi dari Key Performance Indicator (KPI) manajemen untuk mendorong transformasi digital. Pada bagan 4 terlihat bahwa 57 persen CEO fokus pada perbaikan internal teknologi dan strategi digital mereka, sementara 29 persen memutuskan untuk melakukan outsourcing untuk hal itu.

Bagan 4 Strategi CEO Dalam Membangun Digital Business

Gartner - Bagan 4 Strategi CEO Dalam Membangun Digital Business

CEO menyadari bahwa untuk mengeksekusi semua strateginya dibutuhkan seorang pemimpin yang mengerti teknologi dan digital business. Pemimpin yang memiliki pikiran terbuka dan wirausaha dibutuhkan untuk membangun digital business. Bagan 5 menjelaskan ada kesempatan bagi Chief Information Executives (CIO) memenuhi pemimpin yang dicari oleh para CEO.

Bagan 5 Kebutuhan CEO Akan CIO Digital Business

Gartner - Bagan 5 Kebutuhan CEO Akan CIO Digital Business

Sebagai kesimpulan, survei ini menemukan bahwa CEO memiliki prioritas utama dalam mencapai pertumbuhan laba dan bukan pendapatan. Bisnis yang berkaitan dengan teknologi menjadi prioritas kedua juga product improvement and innovation meningkat menjadi prioritas ketiga pada tahun ini dan yang akan datang. Golden triangle ini meningkat sebab para CEO menyadari bahwa digital business adalah tentang melakukan inovasi produk dan jasa mereka yang akan menghasilkan pertumbuhan dan keuntungan.
Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/MP Business Advisory Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.