Business Intelligence akan Menjadi ‘Nothing’ tanpa Dukungan Anda

sparrow socialmedia 750x400

(Business Lounge Journal – General Management)

Dalam 2 kali mengajar training yang berbeda, juga dalam pertanyaan yang berbeda, entah mengapa para peserta sering kali mencetuskan bagaimana mereka memiliki tujuan ke depan untuk mempunyai bisnis sendiri. Biasanya terpikir oleh karena kebutuhan yang semakin banyak walaupun ada juga yang ingin mengembangkan diri. Bahkan ada salah satu peserta yang saat mengikuti training mengatakan bahwa itu adalah trainingnya yang terakhir sebab bulan depan ia sudah resmi menjadi alumni perusahaan tersebut dan berganti profesi menjadi seorang pebisnis. Wah, sepertinya ada banyak mereka yang terjun ke dunia kantoran karena menginginkan pengalaman, mempersipakan mental, sekaligus dana untuk kemudian dapat terjun ke dunia bisnis.

Ya, penting untuk memiliki kesiapan mental, sebab Anda tidak akan tahu apa yang terjadi pada hari di depan Anda. Berbeda bila Anda bekerja sebagai seorang karyawan yang sudah dapat dipastikan akan menerima gaji dengan tidak tergantung kepada risiko bisnis yang dihadapi perusahaan tempat Anda bekerja. Namun demikian, pada kenyataannya semakin banyak orang yang lebih memilih menjadi pebisnis. Coba saja perhatikan bagaimana pertambahan ‘lapak’ online atau produk dan jenis bisnis yang semakin bervariasi.

Namun sangat penting untuk para pebisnis memiliki strategi untuk dapat mengukur kondisi bisnisnya. Jika hanya menghitung berapa pemasukan hari ini, berapa yang dapat diputar menjadi modal, sambil berharap besok akan memiliki lebih banyak pembeli, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan segera tersingkir dari arena pertandingan.

Teknologi Business Intelligence

Pada umumnya, inteligensi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memahami hubungan yang mendalam dari fakta yang ada dengan suatu cara sebagai panduan aksi terhadap tujuan yang diinginkan. Untuk mengetahui fakta yang ada, sudah tentu dibutuhkan untuk mengetahui informasi yang ada sebanyak-banyaknya. Informasi inilah yang kemudian diolah dengan menggunakan teknologi.

Teknologi inilah yang akan membantu Anda untuk dapat menterjemahkan data yang Anda miliki menjadi informasi yang berguna dan bermakna sehingga Anda dapat melakukan analisa bisnis. Dengan analisa inilah maka Anda akan menghasilkan strategi bisnis. Tidak hanya masalah berapa pengeluaran dan berapa pemasukan. Tetapi juga mengenai semua sumber daya yang Anda miliki termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), misalnya untuk menghitung produktivitas para pekerja Anda, bagaimana Anda mengetahui seberapa banyak karyawan yang memiliki performance yang baik dan bagaimanakah dampaknya pada keuntungan perusahaan.

Keberhasilan Teknologi Business Intelligence

Berkembangnya teknologi Business Intelligence akan memudahkan Anda untuk mengetahui banyak hal mulai dari riwayat, pandangan saat ini, dan prediksi dari operasi bisnis. Selain itu Anda juga akan dapat melakukan berbagai proses pelaporan dan analisa sehingga Anda pun dapat mengambil sejumlah keputusan bisnis yang strategis.

Namun demikian hasil analisa yang diperoleh melalui teknologi Business Intelligence ini tidak akan berguna tanpa komitmen dan dukungan para senior management. Lalu bagaimanakah para senior management dapat memberi dukungannya? Yaitu bilamana mereka memiliki suatu kesatuan visi yang menyebabkan mereka memiliki kepentingan yang sama.

Nah, cobalah untuk dapat mulai menguasai business intelligence untuk mensukseskan bisnis yang sedang Anda rintis ini.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.