Google Benahi Teknologinya ‘tuk Raih Lebih Banyak Pengiklan

Google

(Business Lounge Journal – Global News)

Saya yakin bahwa Anda pun pernah memiliki pengalaman seperti yang saya alami, bagaimana ketika membuka sebuah website malah tergoda untuk mengklik Google AdSense yang terpampang di sana. Tidak hanya sampai di situ, bahkan sampai berbelanja. Wah, Google memang telah banyak meraih keberhasilan dalam bisnis iklan online-nya. Dengan tekniknya, maka pada lain kesempatan ia akan menawarkan iklan produk yang sama, sehingga jika pada waktu yang lalu Anda belum mengeksekusinya, maka kali ini Anda dapat tergoda untuk berbelanja.

Tidak hanya pada Google AdSense, raksasa internet ini pun mendulang banyak keuntungan dari iklan-iklan video yang banyak Anda temukan di YouTube. Namun pada pekan lalu, seiring dengan banyaknya video-video yang mengandung ujaran kebencian di YouTube dan berpasangan dengan iklan-iklan perusahaan-perusahaan dunia, maka serta merta Pepsi, Walmart, Johnson & Johnson, juga perusahaan penyewaan mobil Enterprise, dan beberapa perusahaan dunia lainnya menarik diri untuk beriklan di YouTube. Hal ini tentu saja membawa kerugian bagi Google.

Tetapi bukan Google namanya jika tidak melakukan apa-apa. Baru-baru ini, Google mengembangkan teknologi sehingga kini Google tidak hanya berupaya untuk mengetahui apa yang orang beli secara online, tetapi juga apa yang orang beli secara offline. Dengan demikian, Google dapat menawarkan iklan yang pas yang dapat berujung pada transaksi.

Seperti pernah dilansir oleh LA Times, Google akan melakukannya dengan mengkombinasikan data mereka yang login pada layanan Google dan kemudian mengklik Google Ads dengan data kolektif pembelian dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Walau pada kenyataannya, Google akan mengalami kesulitan untuk mengetahui dengan persis barang-barang apa saja yang dibeli atau jumlah persis barang yang dibelanjakan.

Google mengatakan bahwa perusahaan ini memiliki akses ke sekitar 70% transaksi kartu kredit dan debit milik A.S. melalui kemitraan dengan perusahaan yang melacak data tersebut. Dengan mencocokkan klik iklan dengan data-data yang ada, Google mengatakan bahwa mereka dapat menginformasikan pedagang secara otomatis saat iklan digital mereka berujung pada pembelian pada toko fisik. Sebelumnya, jika orang mengklik iklan tanpa membeli sesuatu secara online, pengiklan dapat menyimpulkan bahwa iklan itu hanya membuang-buang uang.

Jika program ini berhasil, maka Google akan dapat meyakinkan pedagang untuk meningkatkan anggaran pemasaran digital mereka. Data tersebut juga akan menambahkan file digital yang telah dikompilasi Google sesuai data pengguna mesin pencari Google dan layanan lainnya, termasuk Gmail, YouTube, dan Android.

Sistem ini diyakini akan sangat aman, walaupun hal ini masih menuai kontra sebab data jenis ini dapat mengundang niat tak baik dari para hacker, demikian seperti dilontarkan oleh Miro Copic, seorang profesor pemasaran di San Diego State University. “Implikasi secara privasi yang akan ditimbulkan akan cukup besar, sehingga Google perlu melangkah dengan sangat hati-hati,” demikian dikatakan Copic.

Google memang sedang berjuang keras untuk memulihkan kerugian serta reputasinya. Selain itu Google berupaya untuk membenahi teknologi yang dimilikinya sehingga para pengiklan videonya dapat mengetahui persis di mana iklannya akan dipasang.

Perusahaan teknologi Silicon Valley benar-benar mendominasi pasar periklanan online. Menurut sebuah studi tahun 2016, Facebook dan Google menyumbang 90% pertumbuhan industri periklanan online. Semua perusahaan media online lainnya bersaing untuk memo.

nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana

13 Responses

  1. Alfredbew

    [url=http://colchicine247.us.com/]buy colchicine[/url] [url=http://effexorxr.us.org/]buy effexor[/url] [url=http://fluoxetine20mg.us.org/]fluoxetine pill[/url]

    Reply
  2. CharlesDem

    [url=http://hydrochlorothiazide12.us.org/]hydrochlorothiazide[/url] [url=http://indocin247.us.com/]Indocin[/url]

    Reply
  3. Alfredbew

    [url=http://cephalexin250mg.us.org/]cephalexin[/url] [url=http://fluoxetine20mg.us.org/]Fluoxetine 20 Mg[/url]

    Reply
  4. Bennysus

    [url=http://fluoxetine247.us.com/]buy fluoxetine[/url] [url=http://bupropionsr150mg.us.org/]bupropion sr 150 mg[/url] [url=http://cephalexin250mg.us.org/]cephalexin[/url]

    Reply
  5. Michaelhaibe

    [url=http://hydrochlorothiazide25mg.pro/]hydrochlorothiazide[/url] [url=http://plavixgeneric.store/]purchase plavix online[/url]

    Reply
  6. Michaelhaibe

    [url=http://avodart.store/]avodart[/url] [url=http://buy-vardenafil.work/]vardenafil tablets[/url] [url=http://proscar.mba/]proscar online[/url] [url=http://buyfluoxetine.store/]order fluoxetine[/url]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.