Pastikan Kualitas Resepsionis Anda sebelum Mulai Beriklan

Sparrow service 1074

(Business Lounge Journal – Marketing and Service)

Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki seorang resepsionis yang berkualitas sebelum Anda merogoh jutaan rupiah untuk beriklan. Sebab hanya dalam sekejap, resepsionis Anda yang “jutek” akan dapat membuat calon klien Anda angkat kaki.

Saya pernah memiliki pengalaman yang kurang baik saat mendatangi sebuah perusahaan untuk menyewa tempat sehubungan sebuah event. Kesan pertama yang saya dapatkan dari sebuah iklan bagaimana tempat ini sangat menarik dengan penawaran potongan harga yang menggoda. Tetapi apa yang saya temui ketika saya berkunjung ke perusahaan tersebut benar-benar menghapus kesan pertama saya. Respon dingin mereka yang duduk di paling depan, serta merta mengurungkan niat saya untuk berlama-lama di sana. Jika, semua calon pelanggan memiliki pengalaman yang sama dengan saya dan urung untuk menyewa ruangan mereka, maka dapat dipastikan segala upaya marketing yang telah dilakukan hanyalah sia-sia belaka.

Tidak ada yang akan mematikan pelanggan lebih dari kesan pertama yang buruk. Tidak perlu hitungan jam, hanya dalam waktu beberapa detik, resepsionis pemarah, staf yang sudah lupa cara tersenyum, atau petugas yang acuh tak acuh, maka ini telah menjadi awal dan sekaligus menjadi akhir bagi calon pelanggan Anda.

Resepsionis, bagian pemasaran terpenting

Hal terpenting yang Anda lakukan dalam pemasaran adalah memberikan perhatian khusus pada resepsionis Anda. Bukan hanya masalah penampilan tetapi juga bagaimana memberikan pelayanan serta pengetahuan produk dan bagaimana mereka dapat menjawab telepon pelanggan. Entah berapa kali saya bertemu dengan petugas yang tidak mengetahui apa-apa ketika ditanyakan suatu produk.

Hal ini sebenarnya sangat sederhana dan mendasar, tetapi sungguh mencengangkan bagaimana banyak pemilik bisnis yang gagal menanamkan seni bagaimana menciptakan kesan pertama yang hebat kepada para pekerjanya.

Saya menjadi mengerti bagaimana sebuah klinik gigi di Amerika mengganti sebutan resepsionis dengan Director of First Impressions, sebab memang merekalah yang akan menentukan kesan pertama para calon pelanggan yang datang. Tidak ada salahnya dengan sebutan direktur, sebab mereka memang memiliki tanggung jawab yang besar yang sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan.

Bekali dengan tepat

Seakan seperti berkepribadian ganda, demikian para resepsionis Anda harus dilatih. Memang, dapat saja setiap mereka mengalami hari yang buruk, tetapi mereka harus dengan pintar menanggalkan perasaannya dan mengenakan wajah senyum nan ramah hingga pelanggan tidak akan bisa menebak hal buruk yang kemungkinan sedang Anda alami.

Tetapi, tidak semua pemilik bisnis mau turun untuk memastikan bahwa hal ini sungguh diterapkan pada para pekerjanya.

Kesan pertama yang hebat sangat penting. Beritahu para pekerja garis depan Anda sejak hari 1 bahwa ini adalah persyaratan wajib dan bagian yang paling penting. Anda harus tahu rutinitas yang harus Anda lakukan yaitu tersenyum, menyambut para pelanggan dengan riang saat mereka tiba, mengingat nama-nama pelanggan terbaik Anda, dan menyapa mereka untuk menanyakan apakah mereka memerlukan bantuan. Jangan lupa untuk tetap melakukan eye contact dan ingatlah bahwa pelanggan selalu benar.

Banyak perusahaan kini mengutamakan pelayanan. Karena itu terapkan hal yang paling penting dalam membangun rencana pemasaran dengan tersenyum.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.