Berteman dengan Audit

Magnifying Glasses

(Business Lounge Journal – Finance and Tax)

Banyak orang mendadak “alergi” ketika mendengar kata ‘audit’, padahal bukankah audit melindungi perusahaan Anda dari kecurangan dan kelalaian? Ya, memang tentu saja akan ada pekerjaan tambahan. Dalam audit keuangan, maka auditor akan mengidentifikasi peningkatan kinerja dan memverifikasi keakuratan dari keuangan Anda. Karena itu, penting untuk dapat memperjelas ruang lingkup dan tujuan audit untuk auditor Anda sebelum mereka memulainya, sehingga mereka dapat merencanakan pekerjaan mereka. Mereka akan menyesuaikan prosedur mereka untuk mendapatkan informasi yang dimaksudkan untuk menguatkan hasil yang diharapkan. Bantu mereka sesuai kebutuhan selama audit serta tinjaulah laporan akhir mereka. Hal yang juga sangat penting adalah untuk menindaklanjuti perubahan yang direkomendasikan berdasarkan temuan mereka.

Perencanaan

Sebelum melakukan audit, maka jelaskan terlebih dahulu kepada auditor megenai perusahaan dan industri Anda. Beri mereka kesimpulan mengenai model dan prosedur bisnis Anda. Mereka akan melakukan analisis pendahuluan untuk menilai risiko bisnis dan potensi kecurangan, mungkin membandingkan jumlah yang dianggarkan dengan biaya aktual untuk mengidentifikasi perbedaan yang memerlukan studi lebih lanjut. Auditor juga akan meninjau sistem pengendalian internal Anda untuk mengidentifikasi area dengan risiko tertinggi, seperti bagaimana menangani pembayaran tunai. Mereka akan merencanakan pelaksanaan audit yang terakhir  untuk area yang memiliki risiko terbesar.

Menguji kontrol dan transaksi

Auditor akan menguji pengendalian internal dan meninjau keakuratan serta kepatutan transaksi. Mereka dapat menghitung uang tunai, persediaan, atau sumber daya lainnya untuk memastikan jumlah perhitungan Anda sudah tepat. Auditor juga dapat membandingkan dokumen transaksi dengan buku Anda, memastikan harga penjualan yang benar telah dicatat. Mereka mungkin memeriksa jurnal spesifik pada buku Anda, misalnya saja untuk memeriksa apakah Anda benar-benar telah menghapus piutang tak tertagih. Selain itu, auditor juga dapat menyelidiki karyawan Anda untuk memastikan kas anda terjamin dan informasi yang sensitif tidak terpapar.

Menguji Saldo

Auditor menganalisis kinerja perusahaan Anda, menggunakan rasio keuangan dan sampling secara statistik. Misalnya, mereka dapat menghitung jumlah total dan gaji yang kena pajak, menggunakan catatan penghasilan Anda, dan membandingkannya dengan angka yang Anda laporkan. Auditor juga akan memeriksa dokumen untuk akurasi, membandingkan upah yang seharusnya Anda laporkan dengan jumlah yang sudah dilaporkan pajak untuk masing-masing karyawan dan pengajuan pajak badan perusahaan Anda. Mereka akan membandingkan saldo akun di buku Anda dengan rekening koran bank Anda.

Pelaporan

Auditor akan menyusun laporan yang merangkum temuan mereka, memberi tahu Anda tentang risiko yang ada dan mendesak Anda untuk memperbaiki penyimpangan atau kesalahan apa pun. Mereka akan meninjau draft tersebut bersama Anda sebelum mengeluarkan laporan akhir. Perhitungkan setiap komentar yang mungkin Anda berikan atau kejadian yang mungkin terjadi sejak audit. Dewan direksi, investor, kreditur, dan pemangku kepentingan lainnya mungkin akan meninjau laporan akhir dengan Anda.

Endah CaratriEndah Caratri/MP Financial, Accounting & Tax Services Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group/VMN/BL

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.