Job Title Anda Merefleksikan Organisasi Anda

Business Card

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Pentingkah job title atau jabatan? Bagi sebagian orang, hal ini bukanlah sebuah hal yang penting untuk dipermasalahkan, sebab sejauh ini, cakupan pekerjaan mereka hanya sebatas internal atau dapat dikatakan tidak bertemu dengan orang di luar organisasi. Tetapi bagi mereka yang harus mewakili organisasi atau perusahaan apalagi terkait dengan pengambilan keputusan, maka betapa pentingnya apa yang tertera pada kartu nama sebagai jabatan.

Sebagai contoh, ketika kami hendak mengirimkan seorang partner untuk menjadi perwakilan dalam sebuah summit, maka penting untuk memikirkan sebuah job title yang akan disandangnya sebab ia akan bertindak untuk mewakili organisasi. Job title akan menjelaskan siapa Anda serta organisasi Anda.

Bukan insinyur tetapi imagineers

Secara umum, job title akan berjenjang mulai dari direktur utama, kepala bagian, manager, supervisor, hingga staff, walaupun hal ini juga akan tergantung kepada bentuk organisasi, apakah melebar atau mengerucut. Namun seiring perkembangan organisasi dan bertambahnya jenis pekerjaan baru, maka banyak job title baru yang diciptakan, apalagi bila perkembangan teknologi memiliki kontribusi di dalamnya, misalnya saja Chief Marketing Technology Officer yang bertangung jawab mengkordinasikan aktifitas marketing baik offline maupun online, juga bisa saja Chief Data Officer, Digital Training Officer, atau banyak lagi yang berbau teknologi.

Ini akan menjadi sangat menggairahkan untuk menentukan job title dengan sangat kreatif, baik itu untuk jabatan yang sebelumnya tidak ada, maupun hanya sekedar mengganti job title. Daripada hanya sekedar mengatakan marketing manager, IT supervisor, dan sederetan job title lainnya yang sudah bisa ditebak.

Sebagai contoh bagaimana Walt Disney menyebut para insinyur dan orang-orang multimedianya dengan sebutan imagineers. Atau bagaimana uniknya Google menyebut jabatan mereka yang menangani proyek luar angkasa dengan sebutan Intergalactic Federation King Almighty and Commander of the Universe. Wah, bagaimana mengingatnya ya?

Mengenali organisasi dari job title

Namun tidak semua setuju untuk mengganti job title mereka. Nah, di sinilah Anda akan dapat mengetahui apakah sebuah organisasi bersifat konvensional atau cukup adaptable terhadap perubahan. Misalnya saja seorang klien yang lebih memilih menggunakan sebutan kepala daripada menggunakan kata director oleh karena bidang usahanya yang terkait dengan pemerintahan. Ya, sudah dapat dibayangkan, jika menggunakan job title yang sangat kreatif kemungkinan malah akan mendapatkan lebih banyak pertanyaan. Tetapi jangan salahkan bila memberikan kesan ‘membosankan’.

Tidak dapat disangkali bahwa kreatifitas dalam menentukan job title dapat diartikan bagaimana dinamisnya organisasi yang Anda miliki serta memberikan sinyal kreatif sehingga akan lebih menarik perhatian. Jika Anda memang hendak mencuri perhatian para young talented people, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan bagaimana menggunakan job title yang tidak biasa.

Job title juga tidak dapat dipisahkan dengan brand. Coba saja baca bagaimana Google memiliki beberapa job title unik seperti, Dance Program Manager, Jolly Good Fellow, atau Ergonomic Consultant. Membacanya saja sudah dapat membawa kita untuk merasakan betapa menyenangkannya bekerja di Google.

Seorang guru besar London Business School mengadakan sebuah riset mengenai dampak pemberian nama pada job title seseorang. Ia menemukan bahwa mengganti job title dengan istilah yang kreatif ternyata menambah makna pada pekerjaan serta membuat para pekerja menjadi lebih percaya diri. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memandang job title sebagai ekspresi yang kuat untuk menggambarkan jati diri serta kemampuan yang dimiliki sehingga tampak jelas apa yang dapat diharapkan orang lain kepada si pemilik job title.

Sebuah klinik gigi di Amerika mengganti sebutan receptionist dengan Director of First Impressions, menarik bukan?

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.