Bekerja Sehat

Healthy at Work

(Business Lounge Journal – Medicine)

Seorang rekan wanita berusia 40 tahun sempat mengeluhkan bahwa pinggang hingga kakinya terasa sangat nyeri pada beberapa hari. Namun kesibukannya sebagai wanita karir membuatnya mau tidak mau mengabaikan kondisi ini hingga ternyata rasa sakit tersebut memuncak dan menyiksanya. Setelah mengambil waktu untuk berobat, ia kembali masuk kerja namun dengan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi.

Bekerja  di tempat yang aman dan nyaman yang kelihatannya tidak ada masalah, ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan. Bisa saja tiba-tiba Anda memiliki keluhan dan kebanyakan keluhan yang timbul terkait dengan postur tubuh. Kalau begitu, cobalah untuk sejenak memeriksa posisi tubuh Anda untuk menghindari penyakit yang dapat timbul juga untuk dapat bekerja dengan tetap sehat.

Bagaimana postur tubuh Anda?

Hal ini menyangkut kenyamanan posisi posisi duduk/berdiri Anda di kantor. Pastikan Anda dapat duduk dan berdiri dengan nyaman, sebab Anda akan ada pada posisi tersebut selama berjam-jam. Pastikan juga tangan Anda dapat menjangkau dengan baik benda-benda di sekeliling Anda. Jika Anda selalu menggunakan komputer, maka pastikan posisi kedua tangan Anda ada pada 90 derajat di meja serta berada dalam posisi rileks saat Anda mengetik.

Lalu bagaimana dengan posisi kaki Anda? Pastikan tidak menggantung tetapi dapat tetap menjejak ke lantai.

Jika kenyataan saat ini posisi Anda tidak sesuai dengan beberapa hal di atas, berarti Anda berpotensi mengalami  sakit pinggang, tangan yang mudah pegal, kaki yang mudah letih, dan sebagainya. Usahakanlah kantor Anda memiliki kursi yang ergonomis untuk mencegah penyakit pada sendi dan otot. Namun jika tidak tersedia mengingat harganya yang cukup mahal, Anda dapat mencari cara kreatif lainnya seperti menambah bantal atau sanggahan punggung, meninggikan meja dengan menambah triplek, dan sebagainya. Setiap 2 jam, lakukan relaksasi selama 10 menit dengan berjalan, menggerakkan leher, menggerakkan kaki, ataupun melakukan stretching di tempat.

Jangan lupa untuk minum

Hal ini sering dilupakan orang di kantor. Asik bekerja lalu lupa minum atau minum hanya pada jam makan siang. Kalau perlu berikan reminder pada screen saver Anda atau membuat alarm khusus untuk minum. Ingatlah bahwa 80% tubuh Anda terdiri dari air dan juga 80% kandungan otak Anda adalah air. Anda sangat membutuhkan air jika  tidak mau masalah terjadi pada kesehatan Anda seperti gangguan ginjal, infeksi saluran kemih, darah mengental, kulit kering, dehidrasi, dan sebagainya. Minumlah 2-3 liter sehari.

Manage and reduce your stress

Stress di tempat kerja dapat membuat Anda sakit kepala, sesak nafas, sakit perut, tidak bisa tidur, tingginya tekanan darah, gangguan jantung, dan masih banyak lagi. Upayakan hari-hari Anda selalu gembira dan penuh semangat di tempat kerja dan jangan biarkan stress menggerogoti Anda.

Namun, jika memang sudah ada sakit yang Anda derita maka lakukan antisipasi yang diperlukan seperti misalnya membawa obat pribadi Anda, menyiapkan makanan/diet khusus jika diperlukan dan tidak perlu jajan keluar. Tidak duduk terlalu lama bila menderita wasir dan sebagainya.

Yuk bekerja sehat! Tubuh adalah asset yang berharga yang harus kita pelihara. Ketika tubuh sakit, produktivitas pun pasti menurun.

Vera Herlinadr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/CEO of Management and Soft Skill Academies, Vibiz Consulting Group.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.