This is Not Our Office, This is Our Playground

This is not our office2

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Banyak perusahaan saat ini sebenarnya mendekatkan ruang kerja menjadi tempat yang nyaman. Sebuah perusahaan menempelkan pada dindingnya sebuah tulisan “this is not our office, this is our playground” dengan tujuan para karyawan menikmati kantor sebagai tempat yang nyaman. Memang benar bahwa saat kenyamanan itu menjadi atmosfir dalam bekerja maka akan tumbuh ide-ide yang kreatif, inovatif yang memberikan nilai tambah yang besar bagi perusahaan. Suasana nyaman berguna untuk menurunkan stress ditempat kerja, konflik yang timbul dengan teman kerja, mengurangi rasa lelah dalam bekerja, memberikan kualitas hidup yang lebih sehingga orang bisa menghabiskan separuh lebih hidupnya di tempat bekerja. Saya sering sampaikan pada banyak pelatihan atau seminar bahwa seorang yang profesional itu seorang yang mencintai dan menikmati pekerjaannya, termasuk di dalamnya adalah menikmati tempat bekerja.

Perusahaan besar seperti Unilever dan Google sudah membangun kantor dengan suasana dan fasilitas yang amat nyaman untuk bekerja. Tahun 2017 ini, Unilever memindahkan lokasi kantor pusatnya dari area padat di jalan Gatot Subroto ke daerah BSD Green Office Park. Unilever Indonesia secara resmi menulis pengumuman “Mulai 2017, Unilever Indonesia akan menempati rumah baru di #GrhaUnilever di The Breeze, BSD.” Mereka menyebut kantornya sebagai “rumah” dan mewujudkan dengan menyediakan kelengkapan rumah di dalamnya. Desain kantor yang dibuat dengan banyak tanaman hingga fasilitas seperti hair salon, cafe, gym, walking area, day care, dan banyak lagi, semuanya disediakan dengan tujuan menciptakan kenyamanan di tempat kerja.

Bekerja seperti dari rumah, tentulah memiliki unsur-unsur yang harus dipenuhi. Bayangkan saja saat berkesempatan bekerja dari rumah maka tentulah ada beberapa unsur yang perlu dipenuhi. Pertama, tentunya pakaian kerja, tidak menggunakan pakaian yang resmi tapi tetap rapi dan sopan. Pengalaman saya sejak awal bekerja hingga sekarang ini, maka bekerja di era sekarang cenderung lebih memilih pakaian yang bebas, apalagi saat mempekerjakan generasi millennium, yang menginginkan bekerja dengan pakaian yang tidak formal. Kedua, suasana rumah dilengkapi dengan taman yang menyenangkan, ini harus ada pada saat kantor hendak menciptakan suasana rumah. Ketiga, bebas untuk ke “dapur”. Meskipun kelihatan kecil namun akan sangat nyaman bila saat bekerja, Anda dapat sewaktu-waktu mengambil makanan di dapur. Kantor-kantor besar sengaja memiliki ruang dapur sendiri untuk kebutuhan ini, sekaligus ada tempat makan bersama guna menciptakan kekompakan kelompok. Kenapa tidak jika di kantor bisa terdengar suara kicauan burung, dan ini merupakan unsur yang keempat, hobby area. Sesekali tentulah ada kebutuhan untuk exercise tubuh yang penat, sport facility akan menambahkan keceriaan dalam bekerja, bersepeda saat penat, atau dapat melemparkan bola basket ke ring, adalah contoh bagaimana menciptakan suasana rumah di kantor.

Saya sendiri mengalami suasana bekerja seperti ini dan memang jauh lebih produktif ketimbang suasana formal yang membuat cepat lelah. Memberikan motivasi untuk lebih karena rasa senang dan tidak tegang, dan saya yakinkan bahwa perusahaan akan lebih profitable serta memiliki loyalitas yang tinggi dari karyawan, sebab suasana yang nyaman membeli hati karyawan untuk tetap tinggal berkantor dari rumah.

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/MP Business Advisory Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.