Mengapa Leverage Keuangan Penting bagi Perusahaan?

Building

(Business Lounge Journal – Finance and Tax)

Leverage keuangan menjadi penting karena hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh oleh pemegang saham dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh dari operasi ekuitas. Perusahaan yang menunjukkan kemampuan untuk mengelola pengaruh dengan membayar utang tepat waktu meningkatkan kesempatan mereka untuk mendapatkan pinjaman pada tingkat bunga yang lebih baik.

Leverage keuangan memungkinkan perusahaan untuk meminjam pinjaman dengan nilai yang besar untuk berinvestasi di bidang infrastruktur, yang dapat meningkatkan kapasitas dan menyebabkan perusahaan dapat memperoleh manfaat dari meningkatnya skala ekonomi. Sebuah perusahaan dapat menggunakan dana pinjaman untuk melakukan investasi jangka panjang, seperti membangun pabrik untuk mendapatkan uang tunai untuk keperluan yang lebih mendesak, seperti membayar pemasok dan pekerja.

Sebagian besar perusahaan menggunakan leverage keuangan untuk meningkatkan ROI dari modal yang digunakan dalam bisnis. Leverage keuangan harus diperlakukan sebagai perhitungan risiko yang diaplikasikan dengan kondisi yang tepat untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Penggunaan yang berlebihan dari leverage keuangan menempatkan perusahaan pada risiko besar akan bangkrut sebagai akibat dari pembayaran bunga yang tinggi. Investasi bank menggunakan leverage untuk meminjam pinjaman dengan bunga sangat rendah dan berinvestasi dalam obligasi dengan yield yang lebih tinggi, dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Acid-test rasio digunakan untuk menentukan kemampuan jangka pendek perusahaan untuk membayar kewajiban saat ini. Leverage keuangan perusahaan dapat  diukur dengan menggunakan rasio total debt to capitalization.

Pentingnya Financial Leverage

Leverage merupakan teknik penting yang membantu manajemen untuk mengambil keputusan dalam melakukan pendanaan dan keputusan investasi. Tugas memilih kombinasi investmen yang paling cocok untuk kebutuhan dana pembiayaan  perusahaan ini merupakan bagian dari leverage ini.

Dalam hal yang berkaitan dengan keputusan investasi, teknik leverage juga sangat membantu. Bertindak sebagai pedoman yang berguna dalam menetapkan batas maksimum dengan bisnis perusahaan yang harus diperluas. Misalnya, manajemen disarankan untuk menghentikan memperluas bisnis saat diantisipasi pengembalian investasi yang diterima lebih kecil dibandingkan dengan biaya tetap dari utang.

Namun, seorang manajer keuangan harus memperhitungkan keterbatasan dari teknik leverage sebagai berikut:

(1) Teknik Leverage Keuangan gagal untuk memperhitungkan biaya implisit dari suatu utang. Menurut teknik ini, asalkan laba masa depan dari perusahaan melebihi biaya bunga utang (biaya eksplisit), maka utang dapat  diandalkan untuk mengumpulkan dana tambahan karena diperkirakan itu merupakan cara termurah dari pembiayaan.

Namun, tindakan ini tidak selalu membantu memaksimalkan kekayaan pemegang saham. Biaya implisit yang terjadi karena adanya penurunan di harga pasar saham sehingga menimbulkan peningkatan risiko keuangan  yang lebih tinggi dari utang sama sekali diabaikan dalam teknik ini. Biaya implisit yang terjadi ketika menggunakan utang  ini mungkin dapat menghapuskan sebagian atau keseluruhan laba per saham. Dalam pandangan ini kecuali biaya implisit dari utang diperhitungkan juga, maka perusahaan bisa keliru dalam memutuskan seberapa jauh perusahaan  tersebut melakukan  pembiayaan dengan utang.

(2) Teknik Leverage Keuangan didasarkan pada premis bahwa biaya utang tetap konstan terlepas dari berapa pun tingkat leverage dalam perusahaan. Asumsi ini tidak realistis. Sebenarnya tingkat bunga utang cenderung naik sejalan dengan peningkatan risiko dalam perusahaan tersebut.

Mengingat keterbatasan dari teknik leverage keuangan ini, manajer keuangan tidak seharusnya mengambil keputusan pembiayaan dan  investasi  hanya pada analisis ini. Tehnik leverage keuangan ini dapat digunakan sebagai suplemen selain teknik keuangan lainnya.

iin3Endah Caratri/MP Financial, Accounting & Tax Services Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group/VMN/BL

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.