(Business Lounge Journal – Human Resources) Banyak orang mengatakan dinosaurus punah karena tidak dapat mengikuti perubahan yang terjadi disekitarnya. Anda percaya? Terlepas dari realita atau tidak namun ketahuilah bahwa perubahan merupakan proses alamiah yang selalu ada di sekitar kita.

Makhluk hidup akan dapat  bertahan hingga saat ini adalah karena mampu menyesuaikan diri dengan perubahan alam dan jika tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan akan mengalami ketertinggalan dan menjadi punah.

Demikian juga dengan manusia. Setiap manusia harus siap mengikuti perubahan yang akan selalu terjadi. Termasuk dalam dunia bisnis, setiap  perusahaan yang dapat beradaptasi dengan perubahan di dunia bisnis maka akan mampu bertahan. Demikian juga dengan para pekerja yang berada pada perusahaan tersebut, harus juga mengikuti perubahan yang ada.

Sebagai contoh, pada era sekarang ini, semua pemilik usaha banyak melakukan promosi melalui media sosial atau media online. Sebuat saja Ari, seorang tenaga kerja IT yang sudah bekerja 18 tahun pada sebuah perusahaan swasta. Tetapi selama itu pula, Ari tidak menempati posisi sebagai manager IT dikarenakan Ari tidak mau belajar untuk berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Telah beberapi kali atasannya berganti dengan pekerja yang lebih muda usianya. Ari hanya sekedar menjalani hidup dan bekerja dari hari ke hari dan tanpa terasa sudah 18 tahun Ari bekerja. Kemudian, ketika perusahaan akan melakukan efisiensi Ari adalah yang pertama yang ditawarkan.

Dengan perubahan zaman yang ada, maka diharapkan seorang HR akan dapat memfasilitasi setiap karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya, misalnya saja:

  1. Memberikan training pelatihan yang berhubungan dengan teknologi guna kemajuan bisnis perusahaan.
  2. Melakukan sosialisasi berkala tentang visi dan misi perusahaan untuk mengingatkan semua pekerja tentang tujuan perusahaan dan supaya setiap unit usaha berusaha mencapai tujuan tersebut.
  3. Memotong budget rekrutmen melalui iklan berbayar dan memaksimalkan promosi melalui media online dan media sosial. Merebut pasar dari media sosial.
  4. HR memulai pemenuhan modul pelatihan melalui sistem e-learning.

Kadang, HR sendiri cenderung agak lambat merespon hal-hal yang berbau IT. Sehingga perlu diwaspadai bahwa fungsi HR jangan sampai tertinggal di dalam kecepatan akselerasi IT dan teknologi baru, sebab saat ini teknologi berdampak langsung maupun tidak langsung mempengaruhi tempat kerja. Penting untuk disadari bahwa HR memiliki tanggung jawab untuk menjadi pendorong utama bisnis. Itulah sebabnya, HR harus memulai pemenuhan modul pelatihan melalui e-learning.

Jadi paculah diri Anda dengan tuntutan kemajuan zaman atau Anda akan tersingkirkan.

Sonya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.