Distributor Dua Agung: Berbisnis dengan Praktis

PT Dua Agung

(Business Lounge Journal – General Management)

Saya mendapatkan kesempatan melihat perusahaan distributor semen yang dibentuk oleh seorang yang tidak memiliki latar belakang manajemen namun memiliki semangat, sense of business, passion, keyakinan diri, dan memang pantang menyerah. Reputasinya lumayan juga, ketika bisnis semen di daerah Kalimantan Barat sedang turun pada tahun 2015-2016, perusahaan ini justru meningkat penjualannya. Perusahaan ini diberi nama PT Dua Agung oleh pendirinya, sebuah perusahaan yang dibentuk oleh putra daerah Pontianak, yang bisa menjadi model perusahaan di daerah yang berhasil.

Tergelitik oleh rasa ingin tahu rahasia kesuksesan perusahaan ini, saya mempelajarinya. Pertama, saya lihat sang pendiri Andi Nova memang memiliki semangat yang pantang menyerah. Meskipun Andi tidak mengecap pendidikan hingga perguruan tinggi, namun perjalanan hidupnya menjadi ajang pendidikan tinggi yang berharga. Ia tekun untuk berjualan apa saja, hingga ia menemukan kesuksesannya menjadi distributor Semen Gresik ini. Andi meneruskan nilai-nilai yang dipegangnya kepada seluruh organisasi Dua Agung. Ia meminta seluruh karyawannya rendah hati dan berintegritas, cepat tepat, bermanfaat. Tidak sekedar slogan, ketiga nilai ini memang diterapkan oleh organisasi dan ini ‘meluber’ keluar hingga kepada para pelanggan mereka. Inilah rahasia kesuksesan yang kedua.

Penting dipelajari juga, cara pengambilan keputusan di Dua Agung, lebih kepada practical business wise bukan kepada scientific management.

Banyak orang bermimpi membangun budaya perjualan, Dua Agung sudah membuktikannya. Budaya berjualan, merupakan rahasia kesuksesan yang ketiga dari distributor Dua Agung. Sepanjang saya berbicara dengan para direksi Dua Agung, maka problem yang saya hadapi adalah mereka asyik dengan gadget-nya, layaknya anak muda yang terus tidak bisa lepas dengan sosial media. Tapi tunggu dulu, apa yang sebenarnya direksi Dua Agung ini lakukan, ternyata mereka sedang sibuk berjualan! “Wow, direksi saja sibuk seperti ini (berjualan)” pikir saya. Andi Nova pernah bertanya pada staff akuntansi, “Sudah berapa lama kamu kerja? Kok belum berjualan?” Celotehnya ini membangkitkan setiap orang untuk berjualan.

Jarang sekali sebuah perusahaan distributor semen menggunakan applikasi untuk mengelola bisnisnya. Nah, Dua Agung menggunakannya, sehingga dalam work flow yang mereka susun beberapa prosedur dibutuhkan hanya beberapa menit saja untuk bisa barang segera dikirimkan. Membuat proses bisnis mereka secara online merupakan rahasia keempat perusahaan ini. Dua Agung menjadi kepercayaan walikota Pontianak untuk pengembangan Smart City karena keberhasilannya menggunakan teknologi informasi dalam bisnis.

Penting dipelajari juga, cara pengambilan keputusan di Dua Agung, lebih kepada practical business wise bukan kepada scientific management. Dua Agung memutuskan membuka cabang di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu karena pertimbangan pasar dan juga adanya capital gain dari harga tanah. Terbukti memang, beberapa saat sesudah keputusan itu, daerah itu mulai mengalami kenaikan harga tanah. Masih banyak keputusan lain yang saya lihat selalu mengacu ke practical dan membuat cepatnya perusahaan  dalam mengambil keputusan.

Tentu pengamatan saya ini masih bisa diteruskan lagi, tantangan yang saya lihat untuk Dua Agung ini adalah saat perusahaan semakin besar dan span of control menjadi sangat lebar. Saya setuju memang ketika Andi Nova mulai melakukan standarisasi pada bisnisnya dan melakukan empowerment agar wewenang bisa diberikan kepada tingkat yang lebih bawah. Sebagai pelumas seluruh organisasi Dua Agung ini adalah “Trust” begitu menurut Andi, “ saya berikan itu sehingga seluruh organiasi merasa ini bisnis mereka.” Tidak ada salahnya kita belajar dari Dua Agung, meskipun sekarang belum sampai tingkatan nasional, namun langkah-langkah yang ditempuhnya akan membawa perusahaan ini ke tingkat nasional bahkan internasional.

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/MP Business Advisory Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Picture: Courtesy of PT. Dua Agung

Leave a Reply

Your email address will not be published.