Pertimbangkan “Rendah Hati” Sebagai Nilai Utama Perusahaan Anda

Humble Leader

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Sepanjang saya menangani klien-klien maka adalah biasa jika para pemilik perusahaan memilih nilai integritas, professional, inovatif, atau antusias sebagai salah satu nilai utama yang dianut perusahaannya. Tetapi ada sebuah keunikan ketika saya menangani sebuah perusahaan untuk proyek penyusunan Standar Operation Procedures (SOP). Saya memperhatikan pemimpinnya demikian rendah hati ketika menyambut saya dan tim. Sementara saya menyadari bahwa kata-kata yang saya gunakan ketika membawakan presentasi mengenai pendekatan yang akan kami terapkan dalam menyelesaikan pekerjaan, sedikit ketinggian. Setelah lama berbicang-bincang, rupanya perusahaan ini menerapkan nilai rendah hati sebagai nilai utama yang dipegang perusahaan dan wajib diterapkan seluruh perusahaan.

Bagi saya, perusahaan yang menjadikan rendah hati sebagai nilai yang utama, sangat jarang saya jumpai. Tetapi perusahaan ini, menerapkan nilai rendah hati mulai dari jajaran para pemimpin puncak hingga office boy.

Dampak rendah hati juga membuat pemimpin ini menjadi murah hati. Ia mau membagikan sebagian saham yang dimiliki dengan karyawan.

Pemimpin yang rendah hati

Seperti saya saksikan, pemimpin sekaligus pemilik perusahaan, merupakan sosok yang mendengarkan orang lain sebagai bentuk perilaku rendah hati. Saya sendiri terkena dampak nilai perusahaan ini sehingga saya kemudian membagikan banyak hal yang saya tahu kepada pemimpin yang memiliki sifat mau mendengarkan ini. Sangat kuat pengaruh rendah hati bukan?

Bentuk perilaku lain dari nilai rendah hati yang diterapkan adalah kesediaan untuk menerapkan ide-ide orang lain. Meskipun disertai kehati-hatian namun karena rendah hati, dia tidak meragukan ide-ide tim nya untuk dijalankan. Hal ini memberikan motivasi yang tinggi dan mendorong karyawan untuk bekerja tanpa batas. Wow, rendah hati ternyata sumber utama untuk memotivasi orang lain bekerja dengan semangat.

Dampak rendah hati juga membuat pemimpin ini menjadi murah hati. Ia mau membagikan sebagian saham yang dimiliki dengan karyawan. “Prinsip saya, mereka yang bekerja dengan saya, harus juga memiliki perusahaan ini, bahkan kelak mereka akan menjadi seperti saya.” Perilaku ini membuat loyalitas karyawan meningkat tinggi sehingga mereka bekerja mati-matian seperti perusahaannya sendiri.

Atmosfir rendah hati yang diciptakan pemimpin memberikan dampak kepada sikap antar karyawan.

Dampak rendah hati pada karyawan

Dari sisi efektifitas kepemimpinan, penerapan nilai rendah hati ternyata membawa dampak pada meningkatnya kepercayaan karyawan dan pengaruh sang pemimpin! Rasanya saya sendiri segera menerapkan nilai rendah hati karena keuntungannya sangat besar.

Atmosfir rendah hati yang diciptakan pemimpin memberikan dampak kepada sikap antar karyawan. Saya akui antar mereka sendiri seperti saling mendahului dalam membantu dan memberikan pertolongan semaksimal mungkin kepada yang lain, kepada atasan, juga kepada bawahan. Dampaknya, terbangun kekompakan di antara mereka dan juga sinergi antar karyawan tercipta sebagai buahnya. Hasilnya bukan main, pada saat kondisi ekonomi yang penuh tantangan saat ini, perusahaan berhasil meningkatkan kinerja, dan mencapai target yang ditetapkan.

Dampak rendah hati pada pelanggan

Nilai rendah hati ini selain mempengaruhi pemimpin, karyawan, dan seluruh internal perusahaan, juga mempengaruhi sikap perusahaan terhadap pelanggan. Sikap mereka sangat melayani pelanggan dan memperlakukan pelanggan dengan penghargaan yang tinggi. Saya ingat resep Coca-Cola Company yakni appreciate the customer, resep ini membuat minuman berkarbonasi ini ada dimana saja dan kapan saja, karena diterima oleh pelanggan.

Hal yang sama terjadi pada klien ini, mereka diterima di mana saja, padahal harga produk mereka lebih mahal dari produk sejenis. Banyak pebisnis meminta mereka untuk membuka cabang di daerahnya, dan karena itulah saya dipanggil untuk menyusun SOP cabang yang akan diterapkan di mana pun cabang mereka akan dibuka. Ini menjadi pertanda baik bagi mereka untuk bertumbuh pesat dan tahun 2017 ini. Sementara pertumbuhan ekonomi Indonesia 5.1%, mereka menargetkan pertumbuhan hingga dua digit, Bravo! Saya percaya bila nilai rendah hati diterapkan perusahaan ataupun karyawan di tempat bekerja, rasakan kekuatannya menghadapi tantangan pribadi dan bisnis di tahun 2017.
Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/MP Business Advisory Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.