(Business Lounge Journal – General Management) Penting sekali dalam sebuah bisnis menemukan apa yang menjadi alasan bagi seseorang untuk mau membeli. Seperti penulis buku Start With Why – Simon Sinek mengatakan People not buy what you do but why you do, orang tidak membeli apa yang dihasilkan namun mengapa sebuah produk dihasilkan. Sekali bisa menemukan alasan orang membeli maka pebisnis akan menemukan harta yang sangat besar untuk bisa dikembangkan. Apple contohnya mengambil banyak keuntungan setelah berhasil menemukan alasan yang ada dibalik hati konsumen ketika menggunakan sebuah komputer. Penjualan Apple menunjukan tren yang meningkat sejak tahun 2010.

Ipad Sales 2010-2015

Namun dari grafik penjualan produk Apple terlihat ada tren yang menurun semenjak tahun 2014 hingga sekarang ini. Apakah Apple sudah tidak memenuhi keinginan pasar sehingga penjualannya semakin menurun? Dari pengamatan saya, yang menjadi penyebab turunnya penjualan Apple adalah kemampuan pesaing melakukan inovasi sehingga menyerap pasar dengan keinginan yang sama namun harga pesaing ini jauh lebih murah.

Baru-baru ini saya dikejutkan dengan teman yang datang membawa laptop yang secara fisik tidak berbeda dengan Mac Air dengan features dan benefit  juga sama dengan Mac Air. Perbedaannya hanya satu saja harga yang separuh lebih murah dibandingkan harga Mac Air. Kondisi ini membuat pasar beralih dari Apple ke para pesaingnya. Di sini saya menemukan alasan seseorang membeli produk, dapat dengan cepat ditiru oleh pesaing dengan meluncurkan produk yang sama dan bila diterapkan harga yang jauh lebih murah, maka pasar bergerak meninggalkan produk yang pertama. Sejumlah usaha memang dilakukan oleh Apple, operating system Apple yang berbeda dengan produk lain, dan applikasi Apple lain yang ekslusif dimiliki oleh produk Apple saja.

Kompetitor Apple tentu saja tidak berhenti berinovasi, sekarang dengan operating system Android, kemampuan Apple disaingi oleh ribuan applikasi yang gratis didapatkan, sedangkan applikasi Apple kebanyakan berbayar. Rupanya menemukan alasan mengapa pasar membeli tidaklah cukup. Tetap saja dalam perjalanannya diperlukan marketing mix untuk bisa bertahan ditengah era digital ini.  Informasi yang sangat cepat ini sekarang membuat pebisnis perlu dengan cermat dan selalu cepat menentukan product, price, place & promotions. Pada empat komponen ini pebisnis bersaing, pasar tidak cukup menemukan produk yang sesuai dengan hati mereka, memang ini adalah alasan pertama dan terutama namun ketika harga tidak sanggup mereka penuhi, mereka mencari produk yang lebih murah. Kemampuan mendapatkan lokasi penjualan yang tepat juga diperlukan dan terakhir adalah strategi promosi merupakan channel yang membawa produk kepada pelanggan.

Untuk stabil dalam bisnis memang diperlukan penemuan value yang tepat sesuai keinginan pasar, namun strategi harga, lokasi, dan promosi merupakan komponen yang tetap harus dipikirkan.

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/MP Business Advisory Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.